RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SUYAKANCANA

Abstract Views : 701 / Downloads Count: 644

Authors

  • Ai Musrifah Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.1663

Keywords:

Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Waterfall, Website

Abstract

Sistem informasi bagian dari suatu perangkat lunak yang dibutuhkan oleh suatu organisasi dalam kegiatan pengelolaan manajemen organisasi. Fakultas Teknik adalah Salah satu Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Suryakancana yang memiliki tiga Program Studi yaitu Teknik Informatika, Teknik Industri dan Teknik Sipil. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi yang harus dilakulan oleh setiap dosen. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan rancangan sistem informasi pengajuan dan pengelolaan data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat membantu proses monitoring dan mendokumentasikan hasil dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Metode perancangan yang digunakan untuk menghasilkan sistem yang digunakan adalah waterfall, sistem yang akan dibangun berbasis website dengan framework Laravel, menggunakan text editor visual studio code, DBMS yang digunakan adalah MySQL. Sistem informasi pengajuan dan pengelolaan data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat membantu LPPM dalam menginformasikan jadwal pelaksanaan hibah fakultas, mengelola, meminitoring dan mendokumentasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen di lingkungan Fakultas Teknik dan membantu dosen dalam proses pengajuan proposal hibah Fakultas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar Utama. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Proposal penelitian dan pengabdian Masyarakat di LPPM Unsur Fakultas Teknik. Tugas Akhir, 30-40.
Dedy Rahman Prehanto, S. (2020). Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka
Makridakis, W. dan McGee., 1999. Metode dan Aplikasi Peramalan, Terjemahan, Binarupa Aksara, Jakarta.
Pressman, R.S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi
Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7 . Yogyakarta: ANDI.
Subarti, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Toheri, & Torasih. (2019). Pedoman Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Negert (Iain) Syekh Nurjati Cirebon. Cirebon: Cv. Bilqis.
Tyoso, J. S. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Downloads

Published

08-01-2022

How to Cite

Ai Musrifah. (2022). RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SUYAKANCANA. INFOTECH Journal, 8(1), 5–12. https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.1663

Issue

Section

Articles