SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KOMPONEN PERSONAL COMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITEM-BASED COLLABORATIVE FILTERING

Authors

  • Suhendri Suhendri Universitas Majalengka
  • Dadan Zaliluddin Universitas Majalengka
  • Agus Muharom Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.2232

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Komponen, Personal Computer, Item-Based Collaborative Filtering.

Abstract

Komputer adalah seperangkat alat atau peralatan elektronik yang bekerja bersama-sama secara otomatis, menerima input dan memproses data sehingga menghasilkan output secara logis, cepat dan tepat berdasarkan perintah-perintah tertentu (Abdillah, 2015). Karena manfaat dan fungsinya, banyak sekali orang yang menginginkan sebuah komputer pribadi yang sesuai dengan budget dan komponen terbaik. Namun, ketika ingin membeli sebuah komponen PC, ada masalah berupa kesesuaian harga dengan kualitas komponen dan rata-rata masyarakat tidak mengetahui cara memilih komponen yang baik antara komponen satu dengan yang lainnya. Dari permasalahan yang telah disebutkan, maka dari itu harus ada sebuah sistem rekomendasi (recommendation system) yang dapat memberikan saran ataupun   rekomendasi Personal Computer berdasarkan ketertarikan dan kebutuhan dalam pencarian referensi. Algoritma atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Collaborative filtering dengan mengambil metode Item-Based Collaborative filtering. Metode item based collaborative filtering juga memiliki kelebihan diantaranya mampu untuk mengeksplorasi asosiasi implisit yaitu asosiasi yang salah satunya bisa dihasilkan dari riwayat pilihan pengguna, sehingga dengan kelebihan ini dapat meningkatkan ketepatan rekomendasi objek yang dihasilkan. Pada penelitian ini algoritma untuk Collaborative filtering menggunakan Adjusted-Cossine Similarity untuk menghitung kemiripan antar user dan algoritma Weighted Sum untuk perhitungan prediksinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, W. dan Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis Edisi 1. Yogyakarta : Andi.
Adelia. (2011). Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Sistem Reservasi Hotel berbasis Website dan Desktop. Bandung: Universitas Kristen Maranatha
Angelo Da Costa dan Sri Hartati (2011). Sistem pendukung keputusan penerimaan berbasis web dengan metode simple additive weighting (SAW) (Studi Kasus Pada Instituto Profissional De Canossa Dili Timor Leste). Yogyakarta : Universitas Gajahmada.
Anhar. (2010). Panduan Menguasai PHP dan MySQL Secara Otodidak. Jakarta: PT TransMedia
Ariani Sukamto, Rosa. M. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.
Hidayatullah, Priyanto, dan J. K. Kawistara. (2017). Pemrograman WEB. Bandung : Informatika.
Jepriana, I. W., & Hanief, S. (2020). Metode Item-Based Collaborative Filtering Untuk Model Sistem Rekomendasi Konsentrasi Penjurusan Di Stmik Stikom Bali. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 6(1), 20–29.
Prabowo, H. W. P. (2011). Menggunakan UML. Bandung : Informatika.
Prasetyo, B., Haryanto, H., Astuti, S., Astuti, E. Z., & Rahayu, Y. (2019). Implementasi Metode Item-Based Collaborative Filtering dalam Pemberian Rekomendasi Calon Pembeli Aksesoris Smartphone. Eksplora Informatika, 9(1), 17–27. https://doi.org/10.30864/eksplora.v9i1.244
Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer mengembangkan profesionalisme guru abad 21. Bandung : Alfabeta.
Sampurna, J., & Malik, A. (2014). Sistem Pendukung keputusan. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Saputra, A. (2011). Trik dan Solusi Jitu Pemrograman PHP. Jakarta : Elex Media Komputido.
Supono, dan V. P. (2016). Pemograman Web Dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta : Deepublish.
Islamiyah, M., dkk. (2019). Pemanfaatan Metode Item Based Collaborative Filtering Untuk Rekomendasi Wisata Di Kabupaten Malang. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia Vol.13, No. 2, Tahun 2019 ISSN: 2580-8397 (O); 0852-730X (P), 143-150.

Downloads

Published

30-03-2022

How to Cite

Suhendri, S., Dadan Zaliluddin, & Agus Muharom. (2022). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KOMPONEN PERSONAL COMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITEM-BASED COLLABORATIVE FILTERING. INFOTECH Journal, 8(1), 53–59. https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.2232

Issue

Section

Articles