KLASIFIKASI TINGKAT PENJUALAN VIDEO GAME DENGAN MENGGUNAKAN METODE K – NEAREST NEIGHBORS

Abstract Views : 180 / Downloads Count: 152

Authors

  • Nadhif Nurul Fajri Adzani Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Wina Witanti Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Fajri Rakhmat Umbara Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.7371

Keywords:

Klasifikasi, k-NN, Game, Gamers

Abstract

Klasifikasi Tingkat Penjualan Video Game Dengan Menggunakan Metode K – Nearest Neighbors memiliki fungsi untuk mengklasifikasikan video game berdasarkan penjualannya, dan memerlukan variabel, seperti genre, platform, publisher, best seller. Permasalahan yang terjadi di Platform penjualan game seperti di Steam, Epic games, etc. Adalah dimana saat gamers membeli game tersebut dan ternyata game tersebut tidak sesuai dengan ekspetasi dari gamers yang membeli game tersebut alhasil game tidak lagi dimainkan. Oleh karena itu, solusi yang dibuat disini yaitu klasifikasi video game berdasarkan karakteristik yang menggunakan metode KNN, dimana nantinya video game akan dibagi berdasarkan karakteristiknya, dan akan ditampilkan beberapa game sesuai klasifikasi karakternya, sehingga diharapkan dapat meminimalisir kejadian pembeli game / gamers yang menyesal karena tidak sesuai dengan ekspetasi mereka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayub, Mewati. Proses Data Mining Dalam Sistem Pembelajaran Berbantuan Komputer.

Beebe, Nelson H F. 2023. Time Series Analysis Title Word Cross-Reference.

Caesar, Rio. 2015. “Kajian Pustaka Perkembangan Genre Games Dari Masa Ke Masa.” Journal of Animation & Games Studies 1(2): 113–1134.

Delany, Sarah Jane. 2021. “K-Nearest Neighbour Classifiers - A Tutorial.” 54(6).

Divisive, Algoritma Hirarki et al. Irawan-Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Data Penjualan Menggunakan Metode Clustering Dan PENERAPAN DATA MINING UNTUK EVALUASI DATA PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING DAN ALGORITMA HIRARKI DIVISIVE Yuda Irawan.

Dwi Handoko, Fajar et al. “TRANSFORMASI DATA MENJADI INFORMASI PADA BISNIS INTELIJEN.” 2(3): 2022. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i3.

Firdaus, Diky. 2017. 6 Jurnal Penggunaan Data Mining Dalam Kegiatan Sistem Pembelajaran Berbantuan Komputer.

Gao, Weihao, Sewoong Oh, and Pramod Viswanath. 2018. “Demystifying Fixed κ-Nearest Neighbor Information Estimators.” IEEE Transactions on Information Theory 64(8): 5629–61.

Goumagias, Nikolaos et al. 2014. “A Phylogenetic Classification of the Video-Game Industry’s Business Model Ecosystem.” IFIP Advances in Information and Communication Technology 434: 285–94.

Isman, Andani Ahmad, and Abdul Latief. 2021. “Perbandingan Metode KNN Dan LBPH Pada Klasifikasi Daun Herbal.” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) 5(3): 557–64.

Nabila, Zulfa, Auliya Rahman Isnain, and Zaenal Abidin. 2021. “ANALISIS DATA MINING UNTUK CLUSTERING KASUS COVID-19 DI PROVINSI LAMPUNG DENGAN ALGORITMA K-MEANS.” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) 2(2): 100. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.

Ningrum, Fadhila Cahya et al. 2019. “Pengujian Black Box Pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions.” 4(4). http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika.

Novrialdy, Eryzal. 2019. “Kecanduan Game Online Pada Remaja: Dampak Dan Pencegahannya.” Buletin Psikologi 27(2): 148.

Nur Cholifah, Wahyu, and Sri Melati Sagita. 2018. 3 Jurnal String PENGUJIAN BLACK BOX TESTING PADA APLIKASI ACTION & STRATEGY BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI PHONEGAP.

Pamungkas, F S, B D Prasetya, and I Kharisudin. 2019. “Perbandingan Metode Klasifikasi Supervised Learning Pada Data Bank Customers Menggunakan Python.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 3: 689–94. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.

Putra, Nanda Agung et al. 2017. “Klasifikasi Sepeda Motor Berdasarkan Karakteristik Konsumen Dengan Metode K-Nearest Neighbour Pada Big Data Menggunakan Hadoop Single Node Cluster.” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 4(2): 81.

Setiyani, Lila. 2021. Implementasi Cybersecurity Pada Operasional Organisasi.

Tae, Ki Hyun et al. 2019. “Data Cleaning for Accurate, Fair, and Robust Models: A Big Data - AI Integration Approach.” http://arxiv.org/abs/1904.10761.

Whidhiasih, R. N., N. A. Wahanani, and Supriyanto. 2013. “Klasifikasi Buah Belimbing Berdasarkan Citra RED-GREEN-BLUE.” Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, System Embedded & Logic 1(1): 29–35.

Yang, Hui. Data Preprocessing-Chapter 3. http://cose-stor.sfsu.edu/~huiyang.

Ayub, Mewati. Proses Data Mining Dalam Sistem Pembelajaran Berbantuan Komputer.

Beebe, Nelson H F. 2023. Time Series Analysis Title Word Cross-Reference.

Caesar, Rio. 2015. “Kajian Pustaka Perkembangan Genre Games Dari Masa Ke Masa.” Journal of Animation & Games Studies 1(2): 113–1134.

Delany, Sarah Jane. 2021. “K-Nearest Neighbour Classifiers - A Tutorial.” 54(6).

Divisive, Algoritma Hirarki et al. Irawan-Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Data Penjualan Menggunakan Metode Clustering Dan PENERAPAN DATA MINING UNTUK EVALUASI DATA PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING DAN ALGORITMA HIRARKI DIVISIVE Yuda Irawan.

Dwi Handoko, Fajar et al. “TRANSFORMASI DATA MENJADI INFORMASI PADA BISNIS INTELIJEN.” 2(3): 2022. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i3.

Firdaus, Diky. 2017. 6 Jurnal Penggunaan Data Mining Dalam Kegiatan Sistem Pembelajaran Berbantuan Komputer.

Gao, Weihao, Sewoong Oh, and Pramod Viswanath. 2018. “Demystifying Fixed κ-Nearest Neighbor Information Estimators.” IEEE Transactions on Information Theory 64(8): 5629–61.

Goumagias, Nikolaos et al. 2014. “A Phylogenetic Classification of the Video-Game Industry’s Business Model Ecosystem.” IFIP Advances in Information and Communication Technology 434: 285–94.

Isman, Andani Ahmad, and Abdul Latief. 2021. “Perbandingan Metode KNN Dan LBPH Pada Klasifikasi Daun Herbal.” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) 5(3): 557–64.

Nabila, Zulfa, Auliya Rahman Isnain, and Zaenal Abidin. 2021. “ANALISIS DATA MINING UNTUK CLUSTERING KASUS COVID-19 DI PROVINSI LAMPUNG DENGAN ALGORITMA K-MEANS.” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) 2(2): 100. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.

Ningrum, Fadhila Cahya et al. 2019. “Pengujian Black Box Pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions.” 4(4). http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika.

Novrialdy, Eryzal. 2019. “Kecanduan Game Online Pada Remaja: Dampak Dan Pencegahannya.” Buletin Psikologi 27(2): 148.

Nur Cholifah, Wahyu, and Sri Melati Sagita. 2018. 3 Jurnal String PENGUJIAN BLACK BOX TESTING PADA APLIKASI ACTION & STRATEGY BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI PHONEGAP.

Pamungkas, F S, B D Prasetya, and I Kharisudin. 2019. “Perbandingan Metode Klasifikasi Supervised Learning Pada Data Bank Customers Menggunakan Python.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 3: 689–94. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.

Putra, Nanda Agung et al. 2017. “Klasifikasi Sepeda Motor Berdasarkan Karakteristik Konsumen Dengan Metode K-Nearest Neighbour Pada Big Data Menggunakan Hadoop Single Node Cluster.” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 4(2): 81.

Setiyani, Lila. 2021. Implementasi Cybersecurity Pada Operasional Organisasi.

Tae, Ki Hyun et al. 2019. “Data Cleaning for Accurate, Fair, and Robust Models: A Big Data - AI Integration Approach.” http://arxiv.org/abs/1904.10761.

Whidhiasih, R. N., N. A. Wahanani, and Supriyanto. 2013. “Klasifikasi Buah Belimbing Berdasarkan Citra RED-GREEN-BLUE.” Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, System Embedded & Logic 1(1): 29–35.

Yang, Hui. Data Preprocessing-Chapter 3. http://cose-stor.sfsu.edu/~huiyang.

Downloads

Published

16-11-2023

How to Cite

Adzani, N. N. F., Witanti, W., & Umbara, F. R. (2023). KLASIFIKASI TINGKAT PENJUALAN VIDEO GAME DENGAN MENGGUNAKAN METODE K – NEAREST NEIGHBORS. INFOTECH Journal, 9(2), 618–625. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.7371

Issue

Section

Articles