GAME EDUKASI BAGI ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER (ADHD) BERBASIS ANDROID

Abstract Views : 696 / Downloads Count: 947

Authors

  • Ai Musrifah Universitas Suryakancana
  • Imel Nursida Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Suryakancana
  • Fietri Setiawati Sulaeman Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Suryakancana
  • Sutono Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v8i2.3464

Keywords:

Hiperaktif, Game, ADHD

Abstract

Anak yang hiperaktif berperilaku sama dengan anak normal lainnya, namun karena mereka mengalami gangguan di pusat kendali pada tubuhnya, sehingga sulit untuk berkonsentrasi serta sulit dikendalikan.Game edukasi dapat menjadi salah satu alternatif sebagai sarana belajar bagi anak penderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) karena dapat membantu dalam perkembangan motoric halusnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah game edukasi sebagai sarana media pembelajaran yang dapat  membantu anak ADHD agar bisa lebih berkonsentrasi dan menjadikan game ini sebagai alat pusat perhatiannya, serta membantu anak ADHD dalam perkembangan motorik halus. Metode perangkat lunak yang akan digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Game edukasi ini dapat membantu dalam pembelajaran huruf, angka beserta nama buah, tebak angka, tebak huruf, tebak gambar buah, dan menyusun huruf dari nama buah-buahan dengan menambahkan efek suara dan animasi sehingga metode pembelajaran ini menjadi lebih menarik pusat perhatian anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Dayu P. 2013. Mendidik Anak ADHD Hal-hal Yang Tidak Bisa Dilakukan Obat. Yogyakarta: Javalitera

Abror, Faiq, Ahmad. Mathematics Adventure Games Berbasis Role Playing Game (Rpg) Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Kelas Vi Sd Negeri Jetis 1. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik, Universitas Negerti Yogyakarta

Baihaqi dan Sugiarmin. 2008. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung. PT Refika Aditama.

Dryden, G. & Vos, J. 1997. The Learning Revolution. Auckland, NZ: The Learning Web.

Fatoni, A., & Rendra, D. B. 2014. Jurnal Prosisko. Perancangan Prototype Sistem Kendali Lampu.

Hidayatulloh, Syarif. Praherdhiono,Henry. Wedi, Agus. 2020. Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Teknologi Pendidkan, Universitas Negeri Malang.

Kewley, Geoff dan Latham, Pauline.2010. 100 Ide Membimbing Anak ADHD. Jakarta. Erlangga Group.Bidang Pemberdayaan Daerah & Kerjasama dalam Negeri, Panduan Pengelolaan Masjid & Islamic Center, Jakarta: Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, 2013. h. 99.

Krisdiawan, R. A. (2018). Implementasi Model Pengembangan Sistem Gdlc Dan Algoritma Linear Congruential Generator Pada Game Puzzle. Nuansa Informatika

Mirnawati. 2019. Pendidikan Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). PENERBITDEEPUBLISH. Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Preges, Yusvensius. Sudiwati, Ni Luh Putu Eka dan Maemunah, Neni. 2018. Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Usia 3-10 Tahun Di Yayasan Bhakti Luhur. Jurnal Ilmiah Keperawatan.

Puspita Sari, Detri. Ansori, Muhammad dan Radiana, Usman. 2016. Pemanfaatan Game Edukasi Berbasis Open Source Bagi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Jurnal Imiah.

Downloads

Published

26-10-2022

How to Cite

Ai Musrifah, Nursida, I., Setiawati Sulaeman, F., & Sutono. (2022). GAME EDUKASI BAGI ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER (ADHD) BERBASIS ANDROID . INFOTECH Journal, 8(2), 94–100. https://doi.org/10.31949/infotech.v8i2.3464

Issue

Section

Articles