ANALISIS KEAMANAN APLIKASI DATA POKOK PENDIDIKAN (DAPODIK) MENGGUNAKAN PENETRATION TESTING DAN SQL INJECTION

Abstract Views : 1797 / Downloads Count: 1901

Authors

  • Ade Bastian Universitas Majalengka
  • Harun Sujadi Universitas Majalengka
  • Latiful Abror Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v6i2.848

Keywords:

Aplikasi Dapodik, Keamanan Aplikasi, Penetration Testing, SQL Injection

Abstract

Seringkali masalah keamanan aplikasi terabaikan justru setelah semua peralatan dan infrastruktur pengaman telah terpasang. Bahkan pentingnya pengamanan baru disadari setelah terjadi bencana. Kerugian sebuah institusi/organisasi yang diakibatkan dari sebuah serangan terhadap sistem aplikasi sangatlah besar, tetapi hal ini sangat sukar dideteksi, karena secara umum tidak akan diakui dengan berbagai alasan. Tanpa pengamanan sistem aplikasi yang baik, penerapan teknologi sehebat apapun akan sangat membahayakan institusi/organisasi itu sendiri. Nilai informasi yang begitu penting dan strategis mengakibatkan serangan dan ancaman terhadap  aplikasi dan arus informasi semakin meningkat. Kebutuhan keamanan sistem aplikasi timbul dari kebutuhan untuk melindungi data. Pertama, dari kehilangan dan kerusakan data. Kedua, adanya pihak yang tidak diijinkan hendak mengakses atau mengubah data. Rancangan arsitektur Aplikasi Dapodik yang dihasilkan dibatasi yaitu hanya pada  aplikasi Dapodik berbasis web yang diterapkan secara offline dan online yang terkoneksi dengan internet. Pengujian keamanan aplikasi Dapodik menggunakan penetration testing dan SQL Injection. Berdasarkan hasil pengujian keamanan, dapat dinyatakan bahwa tingkat ancaman terhadap web server dan aplikasi Dapodik berada pada level aman. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada celah yang memungkinkan terjadinya ancaman dan akses ilegal yang berpotensi merusak sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kesharwani, Pawan, Sudhanshu Shekhar Pandey, Vishal Dixit, Lokendra Kumaer Tiwari. 2018. “A Study on Penetration Testing Using Metasploit Framework”. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET) Volume 05 Issue 12.
Sutanta, Edhy. 2012. Analisis Keamanan Sistem Aplikasi. AKPRIND Yogyakarta.
Shar, L.K. and H. B.K. Tan. 2013.”Defeating SQL Injection”, Computer (Long. Beach. Calif)., Vol. 46 No.3 pp 66-77.
Singh, P., K. Thevar, P. Shetty, and B. Shaikh. 2015. “Detection of SQL Injection and XSS Vulnerability in Web Application”, No.3 pp 16-21.
Wahyudi. 2019. “Analisa Pengujian Kerentanan Terhadap Web Server SIMAK (Studi Kasus STMIK Kharisma Karawang). Jurnal Teknologi Informasi Vol. 5 No. 1 Juni.
Yudhistira, Alifiandy. 2012. Analisis KEamanan. Universitas Indonesia.

Downloads

Published

20-12-2020

How to Cite

Ade Bastian, Sujadi, H., & Abror, L. (2020). ANALISIS KEAMANAN APLIKASI DATA POKOK PENDIDIKAN (DAPODIK) MENGGUNAKAN PENETRATION TESTING DAN SQL INJECTION. INFOTECH Journal, 6(2), 65–70. https://doi.org/10.31949/infotech.v6i2.848

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)