ANALISIS PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEBAGAI BAGIAN DARI SEBUAH KARYA VISUAL MULTIMEDIA
DOI:
https://doi.org/10.31949/infotech.v10i2.12083Abstract
Penggunaan Artificial Intelligence (AI) masif terutama dalam bidang desain, AI digunakan para desainer dalam membantu dalam berkarya. Penelitian ini untuk mengeksplorasi dan menganalisis penggunaan Leonardo AI dalam menciptakan karya visual. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian eksploratif untuk mandalami topik tertentu, sehingga memperoleh pemahaman yang komprehensif pada topik tersebut. Prosedur penelitian yang dilaksanakan 1) Penggunaan kata kunci sebagai instruksi yang tepat, 2) Penyusunan instruksi secara terstruktur, 3) Uji dan analisis instruksi dalam bentuk deskriptif analisis, 4) Evaluasi instruksi. Hasil diperoleh, selain kecanggihan ternyata Leonardo AI memiliki kelemahan. Output visual yang diperoleh dapat berbeda meskipun penggunaan instruksi yang identik. Penggunaan istilah teknis fotografi yang belum semua dapat diakomodir oleh Leonardo AI. Terdapat kemungkinan terjadinya pelanggaran hak cipta apabila dataset yang digunakan untuk melatih model mencakup karya yang dilindungi hak cipta tanpa izin. Hasil visual di-generate Leonardo AI dapat dijadikan aset digabungkan aset visual yang dibuat desainer dengan menggunakan aplikasi tambahan.
Keywords:
multimedia, graphic design, ARTIFICIAL , INTELLIGENCEDownloads
References
Basiroen, V. J., Putra, I. N. A. S., Judijanto, L., Anggara, I. G. A. S., Negoro, A. T., Sutarwiyasa, I. K., ... & Wijaya, W. (2024). Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (DKV). PT. Green Pustaka Indonesia.
Blazhev, B. (2023). Artificial intelligence and graphic design. Cultural and Historical Heritage: Preservation, Presentation, Digitalization (KIN Journal), 9(1), pp.112-130.
Christia, A., Hadi, A.S., Febriana, A., Budihardjo, A., Wiradarmo, A.A., Elfriede, D.P., Ardianto, E., da Silva, E.N., Sari, F., Kusumadewi, F.N. and Widjojo, H. (2024). Kecerdasan Buatan: Arah dan Eksplorasinya. Prasetiya Mulya Publishing.
Djirong, A., & Makawi, F. E. (2023). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH DESAIN INTERIOR EKSTERIOR MENGGUNAKAN ARTIFICAL INTELLIGENCE.
Febriyanto, H., Candrayana, I. B., & Nindhia, C. I. P. (2022). Eksistensi Taman Hutan Raya Ngurah Rai dalam fotografi dokumenter. Retina Jurnal Fotografi, 2(2), 183-196.
Feest, U. (2017). Phenomena and objects of research in the cognitive and behavioral sciences. Philosophy of Science, 84(5), pp.1165-1176.
Fitriyani, R.A., Putri, L.T. and Adawiyah, R. (2021). Tren Teknologi Artificial Intelligence Pengganti Model Iklan Di Masa Depan. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), pp.118-129.
Kang, Y., Gao, S., & Roth, R. (2019). Transferring multiscale map styles using generative adversarial networks. International Journal of Cartography, 5, 115 - 141. https://doi.org/10.1080/23729333.2019.1615729.
Kusnadi (2018). Dasar Desain Grafis. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Kuswanto, H. (2017). Analisis prinsip layout and composition pada web design perusahaan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dan PT. FIF Group berdasarkan buku “The Principle of Beautifull Website Design by Jason Beaird”. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 1-7.
Mazzone, M. and Elgammal, A. (2019). February. Art, creativity, and the potential of artificial intelligence. In Arts (Vol. 8, No. 1, p. 26). MDPI.
Muhaemin, M. (2023). Analisis Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Referensi dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal SASAK: Desain Visual dan Komunikasi, 5(1), pp.71-80.
Nasir, J., Saidah, S., Setiyaningsih, E., Rosemalatriasari, A., Rasjid, H., Zulfadli, Z., Rahmawanti, W., Chalri, Y., Sutanty, E., Siregar, M.B. and Yunita, F. (2024). Dunia Interaksi Manusia dan Komputer. CV. Gita Lentera.
N. Dehouche and K. Dehouche, “What is in a Text-to-Image Prompt: The Potential of Stable Diffusion in Visual Arts Education,” pp. 1–11, (2023). [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/2301.01902.
Negoro, A. T., Murni, E. S., Saptaputra, E. H., Setiyoko, N., Yusa, I. M. M., Nurhadi, N., ... & Sutarwiyasa, I. K. (2024). Buku Ajar Desain Grafis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Putra, R. W. (2021). Pengantar desain komunikasi visual dalam penerapan. Penerbit Andi.
Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2009). Elemen-Elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.
Sanyoto, S.E. (2010). Nirmana: elemen-elemen seni dan desain. Jalasutra.
Setiawan, A. F. (2023). Desain grafis untuk sosial media (Vol. 1). CreativeThinking indiebooks.
Tjin, E. (2013). Kamera DSLR Itu Mudah! Vol. 2. Bukune.
Yusa, I. M. M., Priyono, D., Anggara, I. G. A. S., Setiawan, I. N. A. F., Yasa, I. W. A. P., Yasa, N. P. D., ... & Sutarwiyasa, I. K. (2023). Buku Ajar Desain Komunikasi Visual (DKV). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nunnun Bonafix; Octavianus Frans, Noor Latif CM, Ardiyan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.