Penerapan Metode Field Trip Pada Siswa SMA Negeri 1 Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9041Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan metode Field Trip dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silimakuta. Metode ini melibatkan siswa melakukan perjalanan ke lokasi tertentu untuk mengamati objek yang kemudian dijadikan bahan dalam menulis cerita pendek. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Field Trip dapat meningkatkan keaktifan, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis cerita pendek, dengan persentase keaktifan meningkat hingga 88,88%, minat sebesar 86,11%, dan motivasi mencapai 77,77%. Selain itu, terjadi peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis cerita pendek siswa, dari nilai rata-rata awal 72,47% dengan 25 siswa mencapai KKM (≥75), menjadi 81,25% pada akhir siklus II dengan 31 siswa mencapai nilai di atas KKM. Dengan demikian, penerapan metode Field Trip terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa, membuat pembelajaran lebih menarik dan membantu siswa mengembangkan ide secara lebih kreatif dan terstruktur.
Keywords:
Metode Field Trip, Keterampilan Menulis, Cerita PendekDownloads
References
Ayu Angely Galingging, M. F. (2022). Analisis Aspek Sosial Dalam Novel Bumi Karya Tereliye. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 462-473.
Arnesih, I. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Menggunaka Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Blanakan Tahun Pembelajaran 2018/2019. JPG: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 4(1), 22-30.
Djamarah, S.B. & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Hamdi, Z., Ningsih, N. R., Irfan, M., & Husni, M. (2021). Keefektifan Metode Field Trip Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas V MI Nurul Islam Ganti Tahun Pembelajaran 2021-2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5022-5032.
Hermawati, R. (2009). Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2013). Cooperative Learning: Improving University Instruction by Basing Practice on Validated Theory. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3-4), 85-118.
Karjiyadi. (2012). Penggunaan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliori Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Mardiyah. (2016, Desember). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume 3 Nomor 2.
Marlina, L., & Purwani, H. (2023). Penerapan Metode Field Trip Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK KREATIF. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 115- 128.dissertation, Pascasarjana).
Nuarista, M. I., Suyitno, S., & Hastuti, S. (2017). Penerapan Metode Field Trip Dan Media Koran Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah. Basastra, 5(2), 49-59.
Purwaningrum, S. W. (2012). Penggunaan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 14 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.
Raya, V. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Concept Sentence Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Pampang Makassar.
Sanjaya, M. D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di Sma. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra.
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sari, N. A. (2013). Peningkatana Kualitas Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas 8D SMP Negeri 3 Jatisrono Tahun Ajaran 2011/2012.
Slavin, R. E. (2014). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson.
Sudarwati, S. (2019). Keefektifan Penerapan Metode Field Trip Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Makassar (Doctoral).
Suparno & Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Widodo, M. (2019). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VB MIN Wonosari Gunungkidul. Jurnal pendidikan madrasah, 4(1), 35-48.
Widodo, S., Suwandi, S., & Slamet, S.Y. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Teknik Objek Langsung melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2(1), 1-11.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fenny Triani Simatupang, Panigoran Siburian, Dian Syahfitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work