Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Metode Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1522Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi melalui metode CTL pada siswa kelas V SDN 2 Sumberjo Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada siswa kelas V SDN 2 Sumberjo Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 26 siswa. Objek penelitian ini kegiatan pembelajaran kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas V SDN Sumberjo Rembang. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh hasil pada sikus I mulai terlihat peningkatan dimana siswa dengan kemampuan rendah dengan nilai > 65 berkurang menjadi 7 siswa, dan siswa dengan kemampuan kategori baik sebesar 30,76% dari seluruh siswa. Pada perbaikan siklus II peningkatan kemampuan siswa lebih signifikan yakni siswa dengan nilai > 70 hanya 2 siswa, dan terlihat siswa dengan nilai tinggi > 85 sebanyak 6 siswa atau 23,07%. Sehingga penggunaan metode CTL dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas V SDN 2 Sumberjo Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
Kemampuan, Menulis, Teks Eksplanasi, Metode, CTLDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work