Pengembangan Media Spinning Wheel Pada Materi Lambang Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8957Abstract
Dunia anak adalah dunia bermain, hal ini merupakan kebutuhan primer yang sulit dipisahkan dari kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Spinning Wheel agar tercipta pembelajaran berbasis learn and play juga meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III Sekolah Dasar pada materi lambang bilangan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Panimbo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) oleh Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata. Penulis menyesuaikan model penelitian dan pengembangan Sukmadinata dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar yang berisi butiran pernyataan. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil uji validasi oleh ahli media diperoleh skor sebesar 89%, oleh ahli materi diperoleh skor 93%, dan oleh ahli desain pembelajaran diperoleh skor 79%. Hasil angket respon siswa diperoleh presentase sebesar 85,185%, Rata-rata nilai pretest yang diperoleh siswa yaitu 39.26 dan nilai posttest diperoleh 84.44. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil presentase uji validasi masuk dalam kategori “Sangat Tinggi” dan hasil presentase respon siswa masuk dalam kategori “sangat menarik” sehingga pemahaman peserta didik dalam memahami materi pembelajaran sebelum dan sesudah menggunkan media pembelajaran Spinning Wheel terdapat peningkatan yang signifikan.
Keywords:
Spinning Wheel, media pembelajaranDownloads
References
Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17
Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 99. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6940
Ariana, R. (2016). Hakikat Pembelajaran Matematika di MI/SD. 1–23.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Ayunandiya, D. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA RODA KEBERUNTUNGAN (Penelitian pada Siswa Kelompok A Taman Kanak …. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3314
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar [Development of En-Alter Sources Animation Video Learning Media Based on Powtoon Application Alternative Energy Source M. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540.
Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447
Hidayat, F., & Mulyawati, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Smart Apps Creator Untuk Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Kelas 4 Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 111–120.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Ii, B. A. B. (2015). Sedangkan menurut Association of Education and Communication Technology. Media Pembelajaran, 4(1), 12–32.
khoerul ummah. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 4(8.5.2017), 2003–2005.
Lara. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005. www.aging-us.com
Lestari, L. (2020). Pengembangan Media Visual Berbasis Kartun Pembelajaran Matematika untuk Kelas II Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 1(2), 41–44. https://doi.org/10.37251/jber.v1i2.81
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Martha Rusmana, I., & Mila Kurniawarsih. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Lebesgue, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.11
Midya Yuli Amreta, Firda Zakiyatur Rofi’ah, & Alfina Luk Luul Markhamah. (2023). Pengembangan Media Papan Hitung Pada Mata Pelajaran Matematika Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 199–209. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.990
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. JSER: Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50.
Okpatrioka. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Pujianingtias, E. N., Saputra, H. J., & Muhajir, M. (2019). Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 257. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19261
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Designing Basic/Descriptive Qualitative Research and Case Studies. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60.
Sari, S. G., Ambiyar, A., Aziz, I., & Leffega, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Materi Penjumlahan Pada Kelas I SDN 52 Parupuk Tabing (Studi Berdasarkan Asesmen). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1207–1216. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.359
Sumarni, S. (2019). Model penelitian dan pengembangan (RnD) lima tahap (MANTAP). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 1(1), 1–33.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lega Zulfi Fatma Tuzzahra, Gamaliel Septian Airlanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work