Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas II SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2676Abstract
Penggunaan teknologi dan internet selama pembelajaran daring diharapkan dapat menolong siswa untuk konsentrasi saat belajar. Namun, fakta yang ditemukan di salah satu Sekolah Dasar di Tomohon di kelas II, menunjukan siswa tidak konsentrasi saat belajar. Terdapat siswa yang melakukan aktivitas lain yang tidak berkaitan dengan pembelajaran, seperti mengobrol, bermain, berjalan-jalan meninggalkan perangkat, dan menangis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan media powerpoint interaktif dalam mengupayakan konsentrasi belajar siswa kelas II SD. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif, penelitian dilakukan di SD yang ada di Tomohon pada kelas dua dengan banyak subyek penelitian 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah hasil observasi, RPP, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan peran guru sebagai penuntun harus dapat membimbing siswa berjalan di dalam kebenaran, selama menggali setiap kompetensi yang dimiliki oleh siswa dan menolong siswa untuk kembali fokus pada tujuan penciptaan. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah dengan media powerpoint interaktif guru dapat menarik perhatian siswa, sehingga selama pembelajaran daring siswa tetap konsentrasi. Dikarenakan powerpoint memiliki banyak fitur yang dapat dikreasikan menjadi sebuah pembelajaran yang kreatif dan menarik.
Keywords:
Konsentrasi belajar, powerpoint Interaktif, pembelajaran daringDownloads
References
Al Ikhlas, A. I. (2022). Efektivitas Whatsapp sebagai media Belajar Daring di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 165–171. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.155
Annisa, R. R., Pratisti, W. D., & Uyun, Z. (2019). Efektivitas Manajemen Kelas Untuk Menurunkan Gangguan Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siswa Sd. Journal of Psychological Science and Profession, 3(2), 123. https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i2.22353
Azizah, & Dkk. (2021). Peran dan Tantangan Guru Dalam Membangun Peradaban Manusia (M. B. Muvid (ed.); 1st ed.). Global AKsara Pers.
Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83.
Dewi, Yanitama, A., Listiaji, P., Akhlis, I., Hardianti, R. D., & Kurniawan, I. O. (2021). Pengembangan Media dan Alat Peraga: Konsep & Aplikasi dalam Pembelajaran IPA. Pustaka Rumah Cinta.
Febriyanti, D. (2020). Upaya Mengatasi Melemahnya Pemahaman Siswa dan Konsentrasi Belajar Siswa Pada SDN 2 Branti Raya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 1(khusus).
Gilang, K., R. G. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Jahja, Y. (2015). Psikologi Perkembangan (4th ed.). Prenadamedia Group.
Juita. (2020). Identifikasi Konsentrasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal of Physics Educationhysics Education, 1(1), 24–29. https://cahaya-ic.com/index.php/SJPE
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Masita, D., & Daniati, N. (2020). Strategi Guru dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Pada Pembelajaran IPA Melalui Mapping Pada Siswa Kelas V SDN Doridungga Kecamatan Donggo. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(20), 181–193.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Books
Putri, M., Kuntarto, E., Darat, M., Kota, J. L., & Jambi, M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Era Pandemi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar). Auladuna, 8(1), 91–108.
Putri, & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2021). Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 118–123. https://doi.org/10.37301/jcp.v0i0.44
Tri Mindari, S. (2015). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 4(2), 65–71.
Van Brummelen, H. V. (2015). Berjalan dengan Tuhan di dalam Kelas: pendekatan Kristiani untuk pembelajaran (Ketiga). ACSI Indonesia.
Wurjani, D., Sukirno, & Ramadhani, D. (2019). Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 Indahnya Persahabatan SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 71.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Melvi Natalia, Wiyun Philipus Tangkin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work