PENGEMBANGAN TTS (TABEL TENSES SEDERHANA) SEBAGAI ALAT BANTU METODE DRILLING PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA INGGRIS

  • Diand Mardiana Politeknik LP3I Jakarta
  • Euis Rabiatul Awaliah Politeknik LP3I Jakarta
Keywords: Keterampilan Berbicara, Tabel Tenses Sederhana, Metode Pengulangan

Abstract

Mengajarkan speaking sebagai salah satu keterampilan dasar dalam bahasa Inggris merupakan bagian paling sulit dalam proses pengajaran bahasa Inggris. Hal inilah yang membuat peneliti menjadi sangat tertarik untuk dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dengan mencari solusi terkait permasalahan tersebut.

Dalam penelitian ini, peneliti mencoba mendesign sebuah tabel khusus yang disebut TTS (tabel tenses sederhana). Tabel TTS ini di uji dengan menggunakannya dalam pengajaran speaking.  Selanjutnya peneliti akan melakukan uji kualitatif dengan melakukan wawancara kepada para objek dalam penelitian ini. Adapun alasan peneliti melakukan uji kualitatif dalam penelitian ini, dimaksudkan untuk memperoleh feed back. Baik dari responden maupun dari sejawat.

Pardigma penelitian ini adalah pendekatan perspektif sistem. Perspektif sistem adalah suatu studi tentang sistem yang mempertanyakan: bagaimana sebuah sistem secara keseluruhan dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan mengapa hal tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa prinsipnya, ruh media pembelajaran TTS tidak terletak pada material fisik sebagai sebuah media pengajaran, namun justru terletak pada sistem dan prosedur. Media TTS bisa dalam bentuk apa saja: bisa poster dengan material khusus, soft-poster di media sosial dan layar komputer atau mungkin cukup dibuat seederhana diatas papan tulis dengan marker dan kapur. Terkait dengan respon responden, mayoritas peserta uji coba memberikan respon positif terkait dengan penggunaan media pembelajaran TTS dalam pengajaran speaking.

References

Dananjaya, Utomo (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung : Nuansa.

Dewey, John. (2004). Experience and Education (Pendidikan Berbasis Pengalaman). Jakarta: Taraju.

Frank, Marcella. (1972). Modern English Exercise for Non-Native Speakers. New Jersey : Prantice-Hall.

Patton, Michael Quinn. (1980). Qualitative Evaluation and Research Methods. London.

Richards, Jack C.; Platt, John; Platt, Heidi. (1999). Longman dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. Singapore: Longman Group UK Limited

Richards, Jack C.; Rodgers, Theodore S. (1986). Approaches and Methods in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Sardiman, A. M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta

Artikel dalam Jurnal:
Kamal, S & Novita Triana. (2011). Penggunaan Metode Drill dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Bahasa dan Sastra. 1(2), 163-170.

Mardariyanti, Eka., Asfah Rahman & Muh. Najib. (2014). Pengaruh Pembelajaran Drill Dalam Menumbuhkan Kemampuan Public Speaking (Retorika) Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SMAN 5 Makassar. Jurnal Komunikasi Kareba. Vol. 3, No. 3.
Published
2020-12-03
How to Cite
Mardiana, D., & Awaliah, E. R. (2020). PENGEMBANGAN TTS (TABEL TENSES SEDERHANA) SEBAGAI ALAT BANTU METODE DRILLING PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA INGGRIS . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 568-579. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.582
Section
Articles