PENGEMBANGAN TTS (TABEL TENSES SEDERHANA) SEBAGAI ALAT BANTU METODE DRILLING PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.582Abstract
Mengajarkan speaking sebagai salah satu keterampilan dasar dalam bahasa Inggris merupakan bagian paling sulit dalam proses pengajaran bahasa Inggris. Hal inilah yang membuat peneliti menjadi sangat tertarik untuk dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dengan mencari solusi terkait permasalahan tersebut.
Dalam penelitian ini, peneliti mencoba mendesign sebuah tabel khusus yang disebut TTS (tabel tenses sederhana). Tabel TTS ini di uji dengan menggunakannya dalam pengajaran speaking. Â Selanjutnya peneliti akan melakukan uji kualitatif dengan melakukan wawancara kepada para objek dalam penelitian ini. Adapun alasan peneliti melakukan uji kualitatif dalam penelitian ini, dimaksudkan untuk memperoleh feed back. Baik dari responden maupun dari sejawat.
Pardigma penelitian ini adalah pendekatan perspektif sistem. Perspektif sistem adalah suatu studi tentang sistem yang mempertanyakan: bagaimana sebuah sistem secara keseluruhan dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan mengapa hal tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa prinsipnya, ruh media pembelajaran TTS tidak terletak pada material fisik sebagai sebuah media pengajaran, namun justru terletak pada sistem dan prosedur. Media TTS bisa dalam bentuk apa saja: bisa poster dengan material khusus, soft-poster di media sosial dan layar komputer atau mungkin cukup dibuat seederhana diatas papan tulis dengan marker dan kapur. Terkait dengan respon responden, mayoritas peserta uji coba memberikan respon positif terkait dengan penggunaan media pembelajaran TTS dalam pengajaran speaking.
Keywords:
Keterampilan Berbicara, Tabel Tenses Sederhana, Metode PengulanganDownloads
References
Dewey, John. (2004). Experience and Education (Pendidikan Berbasis Pengalaman). Jakarta: Taraju.
Frank, Marcella. (1972). Modern English Exercise for Non-Native Speakers. New Jersey : Prantice-Hall.
Patton, Michael Quinn. (1980). Qualitative Evaluation and Research Methods. London.
Richards, Jack C.; Platt, John; Platt, Heidi. (1999). Longman dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. Singapore: Longman Group UK Limited
Richards, Jack C.; Rodgers, Theodore S. (1986). Approaches and Methods in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.
Sardiman, A. M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta
Artikel dalam Jurnal:
Kamal, S & Novita Triana. (2011). Penggunaan Metode Drill dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Bahasa dan Sastra. 1(2), 163-170.
Mardariyanti, Eka., Asfah Rahman & Muh. Najib. (2014). Pengaruh Pembelajaran Drill Dalam Menumbuhkan Kemampuan Public Speaking (Retorika) Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SMAN 5 Makassar. Jurnal Komunikasi Kareba. Vol. 3, No. 3.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work