Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Nafisah Nor Saumi Universitas Muria Kudus
  • Murtono Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam memberikan motivasi belajar siswa SD 3 Cranggang Kudus pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Cranggang, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus dengan mengambil subjek guru dan siswa. Data didapatkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa sudah dilakukan secara maksimal. Peran guru pada masa pandemi Covid-19 meliputi (1) sebagai pengelola pembelajaran, guru mampu menyesuaikan kondisi siswa, tidak membebani siswa, serta fleksibel dalam mengelola pembelajaran, (2) sebagai pembimbing, guru melakukan kunjungan ke rumah siswa untuk memantau kemajuan belajar, kesehatan, dan kondisi mental siswa, (3) sebagai fasilitator, guru memberikan fasilitas belajar menggunakan buku LKS, BSE dan menggunakan youtube, (4) sebagai mediator, guru menggunakan media berupa media audio-visual dari internet, (5) sebagai motivator, guru memberikan perhatian, dorongan dan semangat kepada siswa saat melakukan kunjungan, dan (6) sebagai evaluator, guru melakukan penilaian berupa tugas yang dikerjakan saat melakukan kunjungan.

Keywords:

peran guru, motivasi belajar, pandemi covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, St Aisyah. (2017). Kedudukan Guru sebagai Pendidik. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 3(1), 9-24.
Abdillah, Rendra H. (2020). Efektifitas BION (Bintang Online) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V SDN 1 Ngembel. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 184-198.
Ismaya, Erik Aditia. 2013. Peranan Guru Profesional dan Berkarakter dalam Pembangunan Sumber daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional. PGSD Universitas Muria Kudus, 30 Maret 2013.
Fauziah, Amni (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 47-53.
Herliandry. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Idzhar, Ahmad. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221-228.
Istaryatuningtias, dkk. (2021). Implementasi Demokratisasi Kurikulum pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Syntax Transformation, 2(1), 93-104.
Juhji. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52-62.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putria, dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.
Rizawati. (2017). Hubungan antara Interaksi Edukatif Guru denagn Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikah Guru Sekolah Dasar, 2(1), 113-120.
Salsabila (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.
Yunitasari dan Hanifah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Downloads

Abstract Views : 7122
Downloads Count: 5561

Published

2021-03-08

How to Cite

Nafisah Nor Saumi, Murtono, M., & Ismaya, E. A. . (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19 . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149–155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.