Peningkatan Hasil Belajar Tema 4 Menggunakan Model Open Ended Problems Berbantuan Media Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • May Anggraini UMK
  • Murtono Univeristas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Univeristas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1308

Keywords:

Hasil belajar, Open Ended Problems, Ludo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi aspek pengetahuan dan aspek keterampilan siswa kelas IV SD 1 Mijen Kudus dengan menerapkan model pembelajaran Open Ended Problems berbantuan media permainan Ludo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil belajar aspek pengetahuan muatan IPS siklus I memperoleh rata-rata 73,19 dengan ketuntasan klasikal 58,33% dan muatan Bahasa Indonesia dengan rata-rata 75,41 dengan ketuntasan klasikal 55,5%. Pada siklus II meningkat untuk muatan IPS memperoleh rata-rata 78,61 dengan ketuntasan klasikal 83,3% dan muatan Bahasa Indonesia dengan rata-rata 86,94 dengan ketuntasan klasikal 86,1%. Hasil belajar ranah keterampilan siklus I memperoleh persentase 52,7% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,6%. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase 87,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menerapkan model Open Ended Problems berbantuan permainan Ludo dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Mijen Kudus pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyasa, E. 2017. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Priyanti, E. T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Setiyorini, Indah. 2013. Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. JPGSD, 1 (2): 1-10.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tambalo, Dorkas dkk. 2014. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kesimbar Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2 (4).

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Anggraini, M., Murtono, M., & Ismaya, E. A. . (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tema 4 Menggunakan Model Open Ended Problems Berbantuan Media Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 981–990. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1308

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>