Pengaruh Model Project Based Learning dan Problem Based Learnng Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1449Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktifitas belajar dan hasil belajar siswa, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengalisis pengaruh model project based learning dan problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 8 Cendono dengan subjek penelitian 24 siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yaitu penelitian yang ditinjau dari sudut paradigma penelitian yang menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisa data dengan prosedur statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, angket dan tes. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dalam model Project Based Learning dan Problem based learning hasil belajar siswa. Analisis ini penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning dan problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V.
Keywords:
Project Based Learning, Ekonomi Kerakyatan, Hasil Belajar SiswaDownloads
References
Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas.
Kemendikbud. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem pendidikan Nasional. usu.ac.id/public/content/files/sisdiknas.pdf. [20 Januari 2020]
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penialaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Bumu Aksara.
Maryani, I., dan Fatmawati, L. 2015. Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Deepublish.
Masyhud, S. 2012. Analisis Data Statistik untuk Penelitian Pendidikan Sederhana. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).
Masyhud, S. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).
Mulyani, D. N. 2014. Peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan metode project based learning (pembelajaran berbasis proyek) pada siswa kelas V di SD Islam Al-Syukro Universal. Tidak diterbitkan. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Munawaroh, M. 2010. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Siswa Kelas V SDN Seruni 02 Jenggawah. Tidak diterbitkan. Jember: Universitas Jember.
Nasution. 2000. Dikdaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, E.H. 2009. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas VI Semester 1 SDN Sumbersari 03 Jember Tahun Pelajaran 2009/2010. Tidak diterbitkan. Jember: Universitas Jember.
Purwanto, M.N. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Sari, D.N. 2011. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kedawunggede 2 Malang. library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=48610. [20 Januari 2020].
Sudjana , N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Universitas Muria Kudus. 2020. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jember: Jember University Press.
Widyantini, T. 2014. Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work