Faktor Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4934Abstract
Matematika merupakan ilmu yang penting dikuasai karena sangat erat kaitannya dengan kehidupan nyata. Namun banyak siswa di sekolah yang beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja terhadap kesulitan siswa dalam belajar matematika yang terjadi pada kelas 5 SDN Kali Baru 3 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penggambaran beberapa temuan di lapangan, subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas 5 dan di pilih 8 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara dengan subjek yang telah di tentukan. Hasil penelitian ini dapat di kemukakan bahwa : Kesulitan belajar yang terjadi siswa kelas 5 SDN Kali Baru 3 Bekasi di sebabkan oleh dua faktor yaitu faktor intern dan ekstern. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya kesulitan belajar matematika pada siswa kelas 5 di SDN Kali Baru 3 Bekasi masih tinggi. Berdasarkan wawancara dengan siswa terlihat dari tidak sukanya siswa terhadap mata pelajaran matematika, sulitnya mengerjakan soal matematika, tidak aktifnya siswa dalam bertanya kepada guru dan kurangnya siswa untuk mendapatkan bimbingan khusus sehingga siswa mengalami kesulitan belajar matematika.
Keywords:
Kesulitan Belajar, MatematikaDownloads
References
Alaslan, A. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Press
Amaliyah, A., Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Yuliani, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(2), 11-20.
Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020a). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p079
Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020b). Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87.
Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636
Darjiani, & Meter. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014 / 2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5070
Fidayanti, M., Shodiqin, A., & Suyitno, Y. P. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN Tlahab Kendal. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 88-96.
Imamuddin, M. I.-, Isnaniah, I., Annisa Aulia, A. A., Zulmuqim, Z., & Nurdin, S. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Kesulitan Belajar Siswa Madrasah Dalam Belajar Mata Pelajaran Matematika. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 16. https://doi.org/10.22373/jppm.v4i1.7284
Jumardi, J. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 1-12.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.
Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151-168.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.
Rika Audina, D. F. D. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(2014), 94–106. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i3.256
Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Serpen: Journal of Mathematic Education,02(02), 17–22.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segi Empat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Cendekia, 04(01), 321–330.
Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33.
Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi Murder Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. BINTANG, 2(2), 180-191.
Tyas, N. M. (2016). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. In Digital Repository IAIN Purwokerto.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar kota Balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24-32.
Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung Ii. J-PiMat, 2(2), 231-241.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Naufal Farhan, Jumardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work