Faktor Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Belajar Matematika

Authors

  • Muhammad Naufal Farhan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Jumardi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4934

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang penting dikuasai karena sangat erat kaitannya dengan kehidupan nyata. Namun banyak siswa di sekolah yang beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui faktor apa saja terhadap kesulitan siswa dalam belajar matematika yang terjadi pada kelas 5 SDN Kali Baru 3 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penggambaran beberapa temuan di lapangan, subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas 5 dan di pilih  8 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara dengan subjek yang telah di tentukan. Hasil penelitian ini dapat di kemukakan bahwa : Kesulitan belajar yang terjadi siswa kelas 5 SDN Kali Baru 3 Bekasi di sebabkan oleh dua faktor yaitu faktor intern dan ekstern. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya kesulitan belajar matematika pada siswa kelas 5 di SDN Kali Baru 3 Bekasi masih tinggi. Berdasarkan wawancara dengan siswa terlihat dari tidak sukanya siswa terhadap mata pelajaran matematika, sulitnya mengerjakan soal matematika, tidak aktifnya siswa dalam bertanya kepada guru dan kurangnya siswa untuk mendapatkan bimbingan khusus sehingga siswa mengalami kesulitan belajar matematika.

Keywords:

Kesulitan Belajar, Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alaslan, A. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Press

Amaliyah, A., Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Yuliani, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(2), 11-20.

Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020a). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p079

Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020b). Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87.

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Darjiani, & Meter. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014 / 2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5070

Fidayanti, M., Shodiqin, A., & Suyitno, Y. P. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN Tlahab Kendal. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 88-96.

Imamuddin, M. I.-, Isnaniah, I., Annisa Aulia, A. A., Zulmuqim, Z., & Nurdin, S. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Kesulitan Belajar Siswa Madrasah Dalam Belajar Mata Pelajaran Matematika. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 16. https://doi.org/10.22373/jppm.v4i1.7284

Jumardi, J. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 1-12.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151-168.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Rika Audina, D. F. D. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(2014), 94–106. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i3.256

Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Serpen: Journal of Mathematic Education,02(02), 17–22.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segi Empat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Cendekia, 04(01), 321–330.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33.

Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi Murder Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. BINTANG, 2(2), 180-191.

Tyas, N. M. (2016). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. In Digital Repository IAIN Purwokerto.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar kota Balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24-32.

Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung Ii. J-PiMat, 2(2), 231-241.

Downloads

Abstract Views : 1833
Downloads Count: 1281

Published

2023-06-14

How to Cite

Farhan, M. N., & Jumardi, J. (2023). Faktor Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Belajar Matematika . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 874–879. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4934

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.