PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Sobandi Sobandi SD Negeri Wangkelang I Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.20

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa Kelas V SDN Wangkelang I pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.  Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada program pengajaran tahun 2016/2017 di SDN Wangkelang I, dengan subyek penelitian siswa kelas V Semester 1 sebanyak 30 siswa, kondisi kekhususan siswa ini memungkinkan tingkat kemampuan dan daya serap siswa tersebut sangat bervariasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Wangkelang I Kecamatan Banjaran pada kompetensi dasar tentang Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments). Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Wangkelang I.

Keywords:

Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 453
Downloads Count: 390

Published

2019-12-11

How to Cite

Sobandi, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 99–106. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.20

Issue

Section

Articles