Analisis Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar

Authors

  • Aulia Putri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Din Anwar Uswatun Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8810

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SDN Cisaat, Sukabumi. Program ini bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan sehat bagi peserta didik, serta melindungi mereka dari kekerasan dan diskriminasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Cisaat telah menjalankan program SRA dengan baik melalui kolaborasi dengan orang tua, Puskesmas, dan pihak kepolisian setempat untuk mendukung kesehatan dan keamanan peserta didik. Selain itu, sekolah juga menerapkan berbagai kegiatan seperti sosialisasi anti-bullying, pemeriksaan jajanan, dan program Kantin Sehat. Meskipun fasilitas sekolah secara umum sudah memadai, terdapat kekurangan ruang kelas dan guru Bimbingan Konseling (BK). Namun, antusiasme peserta didik dan dukungan dari orang tua dalam pelaksanaan program SRA sangat positif. Dengan program ini, SDN Cisaat diharapkan dapat terus menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman, ramah, dan mendukung bagi seluruh peserta didik, serta meminimalisasi risiko kekerasan dan bullying di sekolah.

Keywords:

Sekolah Ramah Anak, pelaksanaan, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamdi, R., Yuliansyah, M., & Madihah, H. (2023). Implementasi Manajemen Sekolah Ramah Anak (Studi Kasus : Sd Negeri 8 Kampung Baru Dan Sdit Ar-Rasyid Kabupaten Tanah Bumbu). Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 3(2), 66. https://doi.org/10.31602/jmpd.v3i2.11539

Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (2021). Pedoman Satuan Pendidikan Ramah Anak.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2015). Panduan sekolah ramah anak.

Rangkuti, S., & Maksum, I. R. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMPN 6 Depok Jawa Barat. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), (7)((2)), 231–244.

Reza Maharani Putri Tizaka, H. I. (2023). Analisis Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di Surabaya. 1(6).

Siti Nurjanah. (2017). Keberpihakan Hukum Islam Terhadap Perlindungan Anak. Al Adalah, 14(2), 391–432. http://dx.doi.org/10.24042/adalah.v%25vi%25i.2905

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); Edisi ke 2). Alfabeta, cv.

Utami, T., Kusumawiranti, R., & Mali, M. G. (2021). Implementasi Sekolah Ramah Anak Di SDN Lempuyangwangi Kota Yogyakarta. Populika, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.37631/populika.v9i2.316

Yulia, P., & Dewi, A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. 1(1), 39–48.

Downloads

Abstract Views : 449
Downloads Count: 243

Published

2024-10-07

How to Cite

Wahyuni, A. P., Nurasiah, I., & Uswatun, D. A. (2024). Analisis Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8810

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.