Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Menggunakan Media Video dan Gerak Lagu
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4610Abstract
Cuci tangan pakai sabun (CTPS)menjadi salah satu kebiasaan baik yang perlu diajarkan kepada anak sekolah dasar. Selain menjadi cara untuk menjaga kebersihan tubuh, kebiasaan cuci tangan menggunakan sabun juga membuat anak terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang rentan terjadi. sekolah tidak hanya harus menjadi pusat Pendidikan yang diperuntukan untuk pembelajaran bidang akadmeik saja, tetapi harus menjadi tempat yang mendukung penyediaan Pendidikan yang berperan dalam pembentukan perilaku hidup sehat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar tentang CTPS menggunakan media video dan gerak lagu pada siswa sekolah dasar GP Klabat. Peneliti menggunakan kuisioner yang diberikan kepada 30 siswa kelas IV,V dan VI SDGP Klabat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan metode pre and postest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pengetahuan siswa sebelum diberikan intervensi adalah 51,8. Nilai paling rendah yaitu 31 dan yang paling tinggi adalah 100 setelah diberikan intervensi dengan media Video Rata-rata menjadi 92,07. Nilai paling rendah yaitu 69 dan yang paling tinggi adalah 100. Sedangkan, gerak dan lagu maka didapati hasil rata-rata yaitu 94.43. Nilai paling rendah yaitu 71 dan yang paling tinggi adalah 100. Pada pengujian independent t-test didapati keduanya memiliki nilai signifikansi sebesar 0,00 yang artinya berpengaruh pada peningkatan pengetahuan siswa. kesimpulan dari penelitian ini adalah media video dan gerak lagu dapat meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar tentang cuci tangan pakai sabun.
Keywords:
tingkat pengetahuan, media video, media gerak dan laguDownloads
References
Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan media video dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan sadari. Jurnal Care, 6(2).
Anifah, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Vidio Terhadap Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1). https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.6335
Dewi, N. L. G. U. A. N. (2020). Media Pembelajaran Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Anak Usia Sekolah (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Medika Bali).
Dini, J. P. A. U. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619-2625.
Hanif, F., & Prasko, P. (2018). The Difference Of Counseling With Video Media And Hand Puppets To Improving Knowledge Of Dental And Oral Health In Elementary School Students. Jurnal Kesehatan Gigi, 5(2), 1. https://doi.org/10.31983/jkg.v5i2.3854
Kartika, M., Widagdo, L., & Sugihantono, A. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Sambiroto 01 Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(5), 339-346. https://doi.org/10.14710/jkm.v4i5.14626
Kemendikbudrestek. (2022). Ketentuan Umum UKS/Madrasah. Retrieved from https://uks.kemdikbud.go.id/tentang-uks/ketentuan-umum
Kemenkes. (2018). kapan saja haru cuci tangan.? Retrieved from https://p2ptm.kemkes.go.id/preview/infografhic/kapan-saja-harus-mencuci-tangan
Kurnianingsih, M. (2019). Efektivitas Penggunaan Kombinasi Media Audio Visual dan Booklet dibanding Media Booklet terhadap Pengetahuan Toilet Training pada Ibu yang Memiliki Balita. Smart Medical Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.13057/smj.v2i1.25666
Kurniawati, R. A., Wahyuningsih, S., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Penerapan Pendidikan Seksualitas Melalui Media Lagu Pada Anak Usia 5-6 Tahun Guna Meningkatkan Pengetahuan Seksualitas. Kumara Cendekia, 8(3), 242-252.
Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081
Mustar, Y. S., Susanto, I. H., & Bakti, A. P. (2018). Pendidikan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v2i2.359
Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan masyarakat: ilmu dan seni. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhayati, Elda Fitri, F., & Triadeofilo. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Al-Azhar 16 Bandar Lampung Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Baitul Hikmah, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.55128/jkbh.v1i2.7
Riskesdas, (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Retrieved from https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf
Sudjono, E. T. K., & Kusumastuti, E. (2017). Proses Pembelajaran Gerak dan Lagu yang Kreatif Berdasarkan Kurikulum 2013 di TK Miryam Semarang. Jurnal Seni Tari, 6(2).
Tejapermana, P. T., & Asmira, Y. D. (2018). Pengembangan Model Gerak dan Lagu Berbasis Budaya Lampung Untuk Guru PAUD Di Bandar Lampung. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 18-33. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.2999
Tidwell, J. B., Gopalakrishnan, A., Unni, A., Sheth, E., Daryanani, A., Singh, S., & Sidibe, M. (2020). Impact of a teacher-led school handwashing program on children’s handwashing with soap at school and home in Bihar, India. PLoS One, 15(2), e0229655.
Yudhi, M. (2010). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru (1st ed., Vol. 1). Gaung Persada Press.
Yusanti, A., & Rakimahwati, R. (2019). Development of Compact Disc Motion and Song Learning to Improve the Physical of Early Children. Journal of Nonformal Education, 5(2), 183-188.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jilly Toar, Jumrah Jamil, Elni J Usoh, Jeffry Sonny J Lengkong, Victory Nicodemus Joufree Rotty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work