Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Menggunakan Media Video dan Gerak Lagu

Authors

  • Jilly Toar Universitas Negeri Manado
  • Jumrah Jamil Sekolah Tinggi Agama Islam Alkhairaat, Labuha
  • Elni J Usoh Universitas Negeri Manado
  • Jeffry Sonny J Lengkong Universitas Negeri Manado
  • Victory Nicodemus Joufree Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4610

Abstract

Cuci tangan pakai sabun (CTPS)menjadi salah satu kebiasaan baik yang perlu diajarkan kepada anak sekolah dasar. Selain menjadi cara untuk menjaga kebersihan tubuh, kebiasaan cuci tangan menggunakan sabun juga membuat anak terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang rentan terjadi. sekolah tidak hanya harus menjadi pusat Pendidikan yang diperuntukan untuk pembelajaran bidang akadmeik saja, tetapi harus menjadi tempat yang mendukung penyediaan Pendidikan yang berperan dalam pembentukan perilaku hidup sehat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar tentang CTPS menggunakan media video dan gerak lagu pada siswa sekolah dasar GP Klabat. Peneliti menggunakan kuisioner yang diberikan kepada 30 siswa kelas IV,V dan VI SDGP Klabat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan metode pre and postest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pengetahuan siswa sebelum  diberikan intervensi adalah 51,8. Nilai paling rendah yaitu 31 dan yang paling tinggi adalah 100 setelah diberikan intervensi dengan media Video Rata-rata menjadi  92,07. Nilai paling rendah yaitu 69 dan yang paling tinggi adalah 100. Sedangkan, gerak dan lagu maka didapati hasil rata-rata yaitu 94.43. Nilai paling rendah yaitu 71 dan yang paling tinggi adalah 100. Pada pengujian independent t-test didapati keduanya memiliki nilai signifikansi sebesar 0,00 yang artinya berpengaruh pada peningkatan pengetahuan siswa. kesimpulan dari penelitian ini adalah media video dan gerak lagu dapat meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar tentang cuci tangan pakai sabun.

Keywords:

tingkat pengetahuan, media video, media gerak dan lagu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan media video dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan sadari. Jurnal Care, 6(2).

Anifah, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Vidio Terhadap Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1). https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.6335

Dewi, N. L. G. U. A. N. (2020). Media Pembelajaran Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Anak Usia Sekolah (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Medika Bali).

Dini, J. P. A. U. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619-2625.

Hanif, F., & Prasko, P. (2018). The Difference Of Counseling With Video Media And Hand Puppets To Improving Knowledge Of Dental And Oral Health In Elementary School Students. Jurnal Kesehatan Gigi, 5(2), 1. https://doi.org/10.31983/jkg.v5i2.3854

Kartika, M., Widagdo, L., & Sugihantono, A. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Sambiroto 01 Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(5), 339-346. https://doi.org/10.14710/jkm.v4i5.14626

Kemendikbudrestek. (2022). Ketentuan Umum UKS/Madrasah. Retrieved from https://uks.kemdikbud.go.id/tentang-uks/ketentuan-umum

Kemenkes. (2018). kapan saja haru cuci tangan.? Retrieved from https://p2ptm.kemkes.go.id/preview/infografhic/kapan-saja-harus-mencuci-tangan

Kurnianingsih, M. (2019). Efektivitas Penggunaan Kombinasi Media Audio Visual dan Booklet dibanding Media Booklet terhadap Pengetahuan Toilet Training pada Ibu yang Memiliki Balita. Smart Medical Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.13057/smj.v2i1.25666

Kurniawati, R. A., Wahyuningsih, S., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Penerapan Pendidikan Seksualitas Melalui Media Lagu Pada Anak Usia 5-6 Tahun Guna Meningkatkan Pengetahuan Seksualitas. Kumara Cendekia, 8(3), 242-252.

Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081

Mustar, Y. S., Susanto, I. H., & Bakti, A. P. (2018). Pendidikan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v2i2.359

Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan masyarakat: ilmu dan seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhayati, Elda Fitri, F., & Triadeofilo. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Al-Azhar 16 Bandar Lampung Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Baitul Hikmah, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.55128/jkbh.v1i2.7

Riskesdas, (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Retrieved from https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf

Sudjono, E. T. K., & Kusumastuti, E. (2017). Proses Pembelajaran Gerak dan Lagu yang Kreatif Berdasarkan Kurikulum 2013 di TK Miryam Semarang. Jurnal Seni Tari, 6(2).

Tejapermana, P. T., & Asmira, Y. D. (2018). Pengembangan Model Gerak dan Lagu Berbasis Budaya Lampung Untuk Guru PAUD Di Bandar Lampung. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 18-33. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.2999

Tidwell, J. B., Gopalakrishnan, A., Unni, A., Sheth, E., Daryanani, A., Singh, S., & Sidibe, M. (2020). Impact of a teacher-led school handwashing program on children’s handwashing with soap at school and home in Bihar, India. PLoS One, 15(2), e0229655.

Yudhi, M. (2010). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru (1st ed., Vol. 1). Gaung Persada Press.

Yusanti, A., & Rakimahwati, R. (2019). Development of Compact Disc Motion and Song Learning to Improve the Physical of Early Children. Journal of Nonformal Education, 5(2), 183-188.

Downloads

Abstract Views : 1134
Downloads Count: 794

Published

2023-05-27

How to Cite

Toar, J., Jamil, J., Usoh, E. J., Lengkong, J. S. J., & Rotty, V. N. J. (2023). Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Menggunakan Media Video dan Gerak Lagu . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 673–680. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4610

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.