Bahan Ajar Buku Cerita Interaktif Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5869Keywords:
buku cerita interaktif, STEAM, sekolah dasarAbstract
Kemampuan pemecahan masalah penting dimiliki oleh siswa sekolah dasar. Namun kemampuan ini belum menjadi tujuan pembelajaran yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran di kelas. Orientasi proses pembelajaran masih sebatas bagaiamana menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang efektif dalam bentuk buku cerita interaktif berbasis STEAM dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Sambirejo 148 dengan sampel 5 orang siswa kelas 3. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan meliputi analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan pada tingkat Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita interaktif berbasis STEAM yang dikembangkan dinyatakan memiliki tingkat kevalidan yang sangat baik berdasarkan penilaian validator. Berdasarkan uji coba, buku cerita interaktif ini juga efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Buku cerita interaktif ini mampu memfasilitasi cara berpikir konkrit siswa, memperkaya pengalaman belajar siswa, dan mendorong kreativitas serta imajinasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku cerita interaktif berbasis STEAM ini layak digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Disarankan bagi para pendidik dan pengembang kurikulum untuk mempertimbangkan penggunaan buku cerita interaktif sebagai salah satu strategi pembelajaran yang inovatif.
Downloads
References
Andriani, A., & Fadiana, M. (2021). Metakognisi Siswa Operasional Konkret Dalam Pemecahan Masalah Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 87–97. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6067
Apriani, E. (2023). Pengembangan Buku Cerita Anak Perbatasan Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Siswa SMP Negeri 1 Sebatik. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1235–1248. https://doi.org/10.37905/aksara.9.2.1235-1248.2023
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91.
Carifio, J. (2015). Updating, Modernizing, and Testing Polya’s Theory of [Mathematical] Problem Solving in Terms of Current Cognitive, Affective, and Information Processing Theories of Learning, Emotions, and Complex Performances. Journal of Education and Human Development, 4(3), 105–117.
De Naeghel, J., Van Keer, H., Vansteenkiste, M., & Rosseel, Y. (2012). The relation between elementary students’ recreational and academic reading motivation, reading frequency, engagement, and comprehension: A self-determination theory perspective. Journal of Educational Psychology, 104(4), 1006–1021. https://doi.org/10.1037/a0027800
Divrik, R., Tas, A. M., & Pilten, P. (2020). Teachers’ Views on the Problem-Solving & Problem-Posing Tasks in Primary School Mathematics Textbooks. Journal of Curriculum and Teaching, 9(1), 73–85. https://doi.org/10.5430/jct.v9n1p73
Fahyuni, E. F., & Bandono, A. (2015). Pengembangan media cerita bergambar sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Halaqa, 14(1), 75–89.
Faizah, N., Suyoto, S., Listyarini, I., & Murdhiati, E. (2023). Pengembangan Media Cerita Bergambar Digital pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas 5 SDN Kalicari 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3819–3825.
Fettig, A., Schultz, T. R., & Ostrosky, M. M. (2016). Storybooks and Beyond: Teaching Problem Solving Skills in Early Childhood Classrooms. Young Exceptional Children, 19(3), 18–31. https://doi.org/10.1177/1096250615576803
Hampel, T., & Keil-Slawik, R. (2001). sTeam: structuring information in team-distributed knowledge management in cooperative learning environments. Journal on Educational Resources in Computing (JERIC), 1(2es), 3–es.
Hartianti, T., Halidjah, S., Salimi, A., Kresnadi, H., & Pranata, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Kaliamntan Barat Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV MIN 3 Pontianak Tenggara. Journal on Education, 6(1), 3650–3662. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3463
Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/th.v1i2.375
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen, 6(2), 228–243. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2042
Maharani, A. W., & Yefterson, R. B. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif dalam Meningkatan Literasi Membaca Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kronologi, 3(1), 390–399. https://doi.org/10.24036/jk.v3i1.99
Meryansumayeka, M., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Hiltrimartin, C. (2021). Students’ Strategies in Solving PISA Mathematical Problems Reviewed from Problem-Solving Strategies. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 37–48. https://doi.org/10.22342/jpm.15.1.10405.37-48
Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. 35,110,114,120,121.
Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y.-. (2020). Implementasi Steam (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 65–73. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105
Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ, 180–186.
Putri, P. O., Hidayati, I. S., & Febriana, R. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Komik Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Intersections, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.47200/intersections.v8i1.1534
Rusinta, D., Hambali, D., & Winarni, E. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Berbasis Discovery Learning Pada Materi IPA Konsep Perpindahan Panas Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 199–209. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i2.11963
Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., Laswadi, L., & Rusliah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 789–802. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.490
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.
Susanta, A., Susanto, E., & Rusdi. (2020). Efektivitas project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Theorems, 5(1), 61–68.
Tichenor, M. S., & Tichenor, J. M. (2005). Understanding teachers’ perspectives on professionalism. Professional Educator, 27, 89–95. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ728484.pdf
Wahyuni, E. T. (2017). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smk. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1), 39–53. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/download/208/91
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adinda Gita Piarasati Liliana, Eunice Widyanti Setyaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work