Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7952Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa, dengan salah satu aspek pendukungnya adalah motivasi belajar. Penelitian ini mendeskripsikan kesulitan belajar matematika yang dialami oleh 36 siswa kelas VIII di SMP Negeri 37 Kota Bekasi. Menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus, penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 45 siswa dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes tulis, angket, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika terbagi menjadi tiga kategori utama: 83% siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep, 100% siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan prinsip, dan 33% siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dalam bentuk verbal. Selain itu, motivasi belajar siswa berada pada tingkat sedang dengan nilai rata-rata sebesar 59,4%. Penelitian ini juga menemukan bahwa meskipun tingkat kesulitan belajar matematika bergantung pada masing-masing individu, motivasi belajar memiliki pengaruh positif dalam menurunkan tingkat kesulitan yang dialami siswa.
Keywords:
Kesulitan Belajar Matematika, Motivasi BelajarDownloads
References
Aisyah, N., Hawa, S., Somakim, Purwoko, Hartono, Y., & AS, M. (2014). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. https://andridm72.files.wordpress.com/2014/12/pengembangan-pembelajaran-mtk.pdf
Ali, F. A., Payong, P., Jandu, I. H., & Kurniati, P. (2023). Belajar Matematis Mahasiswa. Pembelajaran, Jurnal Inovatif, Matematika, 6(1), 91–104. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.11531
Budiyani, A., Marlina, R., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Maju, 8(2), 310–319.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). FIFTH EDITION RESEARCH DESIGN Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/510378/mod_resource/content/1/creswell.pdf
Kusuma, A. B., & Utami, A. (2017). Penggunaan Program Geogebra dan Casyopee dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Mercubuana, 1. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/259/233
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. In Anna (Ed.), PT.Refika Aditama (1 ed.). PT Refika Aditama.
Oktava, M. A. (2018). MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP KELAS VIII. http://eprints.ums.ac.id/62213/2/HALAMAN DEPAN.pdf
Raharjo, I., Rasiman, & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS%0AFaktor
Rosdianah, Kartinah, & Muhtarom. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. 1(5), 120–132.
Safitri, M., Mukharomah, H., Dzahabiyyah, S. N., Listianadewi, F., Palupi, L. R., Nursatamala, S., & Darmadi. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas 7 dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Aljabar Ditinjau dari Gender. JPdK JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING, 3 No. 2. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1789
Setyawati, A., & Ratu, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2941–2953. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.957
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mira Aninditaningrum, Dani Firmansyah, Alpha Galih Adirakasiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work