Perhatian Orang Tua Siswa Kelas V SDN 6 Masbagik Utara dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3224Abstract
Motivasi adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan belajar. Namun Motivasi belajar seorang siswa tidak akan tumbuh tanpa ada kemauan yang kuat dari siswa itu sehingga perlu seseorang untuk merangsangnya. Ketika belajar di rumah, salah satu cara yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa adalah perhatian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian yang digunakan adalah kolerasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2022 di SDN 6 Masbagik Utara. Sampel dalam penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu siswa kelas V SDN 6 Masbagik Utara yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan memberikan sumbangan sebesar 67,3% Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 6 Masbagik Utara.
Downloads
References
Afpriansyah, P. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 13 Palembang (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).
Aryanti, Y. D., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas dan Kreativitas Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 243-260.
Ariyanto, A., & Sulistyorini, S. (2020). Konsep motivasi dasar dan aplikasi dalam lembaga pendidikan Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(2), 103-114.
Dwi Prasetia, D. (2014). Psikologi Pendidikan. Graha Ilmu: Yogyakarta.
Fauziah, A. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 47-53.
Fajar, W. M., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Melalui Program Adiwiyata Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3).
Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 145-161.
Maptuhah, M., & Juhji, J. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 25-34.
Nur, M. A. (2016). Pengaruh perhatian orang tua, konsep diri, persepsi tentang matematika terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar siswa kelas VIII SMP negeri di kecamatan ujung loe kabupaten bulukumba. Matematika Dan Pembelajaran, 4(2), 64-79.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216-232. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Olokooba, I. N., & Owoyale-Abdulganiy, I. S. (2022). Influence of parental factors on upper basic students’ performance in Social and Islamic Studies in Ilorin, Nigeria. International Journal of Educational Innovation and Research, 1(2), 163–169. https://doi.org/10.31949/ijeir.v1i2.2524
Rahman. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(2), 171-180
Sani, D. N., Fandizal, M., & Astuti, Y. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia Vol, 4(2).
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali. Pers
Setiani, F., Jayadi, J., & Setyaningsih, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Sma Negeri 2 Sampit. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan Dan Keagamaan, 7(1), 48-55.
Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149-155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nadia septa Sari, Muhammad Husni, Muh. Yazid, Yul Alfian Hadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work