Perhatian Orang Tua Siswa Kelas V SDN 6 Masbagik Utara dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar

Authors

  • Nadia septa Sari Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Husni Universitas Hamzanwadi
  • Muh. Yazid Universitas Hamzanwadi
  • Yul Alfian Hadi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3224

Abstract

Motivasi adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan belajar. Namun Motivasi belajar seorang siswa tidak akan tumbuh tanpa ada kemauan yang kuat dari siswa itu sehingga perlu seseorang untuk merangsangnya. Ketika belajar di rumah, salah satu cara yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa adalah perhatian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian yang digunakan adalah kolerasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2022 di  SDN 6 Masbagik Utara. Sampel dalam penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu siswa kelas V SDN 6 Masbagik Utara yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan memberikan sumbangan sebesar 67,3% Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 6 Masbagik Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afpriansyah, P. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 13 Palembang (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Aryanti, Y. D., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas dan Kreativitas Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 243-260.

Ariyanto, A., & Sulistyorini, S. (2020). Konsep motivasi dasar dan aplikasi dalam lembaga pendidikan Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(2), 103-114.

Dwi Prasetia, D. (2014). Psikologi Pendidikan. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Fauziah, A. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 47-53.

Fajar, W. M., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Melalui Program Adiwiyata Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3).

Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 145-161.

Maptuhah, M., & Juhji, J. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 25-34.

Nur, M. A. (2016). Pengaruh perhatian orang tua, konsep diri, persepsi tentang matematika terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar siswa kelas VIII SMP negeri di kecamatan ujung loe kabupaten bulukumba. Matematika Dan Pembelajaran, 4(2), 64-79.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216-232. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Olokooba, I. N., & Owoyale-Abdulganiy, I. S. (2022). Influence of parental factors on upper basic students’ performance in Social and Islamic Studies in Ilorin, Nigeria. International Journal of Educational Innovation and Research, 1(2), 163–169. https://doi.org/10.31949/ijeir.v1i2.2524

Rahman. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(2), 171-180

Sani, D. N., Fandizal, M., & Astuti, Y. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia Vol, 4(2).

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali. Pers

Setiani, F., Jayadi, J., & Setyaningsih, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Sma Negeri 2 Sampit. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan Dan Keagamaan, 7(1), 48-55.

Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149-155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13.

Downloads

Abstract Views : 319
Downloads Count: 245

Published

2022-10-29

How to Cite

Sari, N. septa, Husni, M., Yazid, M., & Hadi, Y. A. (2022). Perhatian Orang Tua Siswa Kelas V SDN 6 Masbagik Utara dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1161–1166. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3224

Most read articles by the same author(s)