Pembelajaran PJOK Daring: Tingkat Motivasi dan Kecemasan Siswa SDIT Attakwin Pasca Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5880Abstract
Pandemi Covid-19 telah mengubah cara pendidikan dilakukan di seluruh dunia, memaksa peralihan ke pembelajaran daring. Hal ini mempengaruhi motivasi dan tingkat kecemasan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat motivasi dan kecemasan siswa SD IT Attakwin pasca Covid-19. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Data diperoleh dari 20 siswa kelas VI menggunakan kuesioner. Tingkat motivasi belajar dan kecemasan siswa dianalisis dengan metode analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SD IT Attakwin memiliki tingkat motivasi belajar yang tinggi, dengan 70% dari responden berada dalam kategori tinggi. Namun, sebagian besar siswa juga mengalami tingkat kecemasan yang sedang, dengan 80% siswa berada dalam kategori cemas sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa SD IT Attakwin pasca Covid-19 memiliki motivasi belajar yang tinggi secara umum, meskipun ada potensi untuk lebih mengembangkannya. Namun, sebagian besar siswa juga mengalami tingkat kecemasan yang sedang. Oleh karena itu, diperlukan perhatian dalam mengelola kecemasan siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meminimalkan dampak negatifnya terhadap motivasi belajar. Dalam konteks pembelajaran daring pasca Covid-19, peningkatan motivasi dan pengelolaan kecemasan siswa menjadi penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.
Keywords:
pendidikan jasmani, motivasi, kecemasan, covidDownloads
References
Adesanya, A. S. ., Ogunlusi, C. F. ., Olginni, B. O., Eniayewu, A. J. ., & Olowu, E. A. . (2023). The Emerging Roles of Human Resource Managers: The Post-Covid-19 Experience in Nigeria. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(1), 44–55. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i1.468
Al Ikhlas, A. I. (2022). Efektivitas Whatsapp sebagai media Belajar Daring di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 165–171. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.155
Arrixavier, A. A., & Wulanyani, N. M. S. (2020). Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 7(1), 81-90.
Dewi, E. U. (2020). Pengaruh kecemasan saat pembelajaran daring masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1), 18-23.
Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3).
Farida, N. (2022). Fungsi dan aplikasi motivasi dalam pembelajaran. Education and Learning Journal, 2(2), 118-125.
Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Tingkat kecemasan seseorang terhadap pemberlakuan new normal dan pengetahuan terhadap imunitas tubuh. Sport Science and Education Journal, 1(2).
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Bantaeng. Jurnal Office, 2(2), 222–228.
Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. (2018). Analisis tingkat kecemasan (anxiety) dalam menghadapi pertandingan atlet sepak bola Kabupaten Banyuasin pada Porprov 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28-35.
Lase, S. (2018). Hubungan antara motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. Jurnal Warta Edisi, 56, 1-829.
Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.
Muhtar, T., & Lengkana, A. S. (2019). Pendidikan jasmani dan olahraga adaptif. UPI Sumedang Press.
Nadila, A., Supriyono, S., & Ratnaningsih, A. (2023). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Koper Jurang. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 85–92. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i2.360
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis literasi digital calon guru SD dalam pembelajaran berbasis virtual classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116-123. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133
Nursalam (2018). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pedoman Skripsi, Tesis Dan Instrument Penelitian Keperawatan. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.
Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Sahab, A. (2019). Buku Ajar Analisis Kuantitatif Ilmu Politik Dengan Spss. Airlangga University Press.
Savitri, A. R. E., Rahman, A., & Hermawan, Y. (2022). Pengaruh Kecemasan dan Motivasi Belajar dalam Pembelejaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XII SMA Batik 1 Surakarta. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(1).
Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Cv Alfabeta.
Sudiarthi, T. . (2022). Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.21
Suprajitno. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Farmasi: Metodologi Penelitian.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dina Florencia, Firman Septiadi, Muhammad Saleh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work