Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Inovasi Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6249Abstract
Pendidikan Agama Islam, khususnya dalam mata pelajaran fiqih, memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman siswa tentang hukum-hukum Islam. Namun, pendekatan konvensional seringkali tidak mencukupi untuk membangkitkan minat siswa dan meningkatkan pemahaman mendalam mereka. Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Cianjur, tantangan dalam pembelajaran fiqih mencakup hasil belajar siswa yang rendah dan kurangnya kemampuan berpikir kritis. Dalam menghadapi tantangan ini, pendekatan Problem-Based Learning (PBL) diadopsi sebagai solusi inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggali respons siswa terhadap PBL dan sejauh mana metode ini meningkatkan pemahaman mereka tentang agama Islam. Pendekatan kualitatif digunakan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL mendalamkan pemahaman siswa tentang fiqih dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kolaboratif. Meskipun menghadapi tantangan seperti resistensi siswa terhadap pendekatan mandiri, bimbingan dan dukungan terbukti membantu mereka mengatasi hambatan tersebut. Penerapan PBL di MAN 3 Cianjur tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang hukum-hukum Islam, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan berpikir kritis yang penting untuk masa depan. Integrasi PBL ke dalam kurikulum fiqih, didukung oleh modul-modul terstruktur, menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan inspiratif. Kesimpulannya, PBL merupakan inovasi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang fiqih dan membawa dampak positif pada pengembangan keterampilan berpikir kritis mereka, menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan inspiratif.
Keywords:
Problem Based Learning, berpikir kritis, FiqihDownloads
References
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Qualitatif dan Desain Riset. Pustaka Pelajar.
Elkarimah, M. F., & Madzkur, Z. A. (2022). Pendampingan Guru SD IT Bina Insani Muslim pada pembelajarn Fiqh Amali. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 33-40.
Fahmi, F. F. A., & Rahmawati, A. (2022). Diskursus Masail Fiqhiyyah Terhadap Pemahaman Dan Praktik Ibadah Amaliyah Mahasiswa. Fakultas Agama Islam Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang.
Fatimah, F., Tajuddin, M., Ilyas, M., & Majid, A. (2020). Analisis PPK, Literasi, 4c daan HOTS pada Silabus dan RPP Mata Pelajaran Fikih. QUALITY, 8(1), 165-185.
Finkle, S. L., & Torp, L. L. (1995). Introductory documents. Available from the Center for Problem-Based Learning, Illinois Math and Science Academy, 1500, 60506-1000.
Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.
Kholil, M. (2022, May). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) Rumpun PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fikih. In Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE) (Vol. 1, pp. 325-334).
Kinasih, K., Delpasya, C., Rosadi, A., Ridwan, D., & Agustian, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa pada Masa Pandemi. 1(3), 348–355. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.994
Lie, A. (2013). Cooperative Learning.Memperaktikan Cooperative Learning Di Ruang Kelas. Grasindo.
Mulyono, M. (2016). Keefektifan Metode Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih di Perguruan Tinggi. Cendekia, 2(2).
Prasetyo, D. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Di Man 1 Situbondo. UIN KHAS Jembe.
Rahmi, R., Tutiliana, T., & Mirnawati, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Media Tiga Dimensi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Padamateri Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Jurnal Edukasi Dan Sains Biologi, 8(2).
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. PT. Raja Grafindo Persada, Cet. Ke-VI.
Sa'diyah, M. K., Kiranti, N., Anggraeni, P. N., & Rostika, D. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6022-6026.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. AR-ruz media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (cet ke-23). Alfabeta.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (PBL). Buku, 1–92.
Zakaria, T. R. (2014). Pengembangan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial pada Siswa dalam Implementasi Kurikulum 2013. Buletin BSNP, 9(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bayu Bambang Nur Fauzi, Bambang Qomaruzzaman, Qiqi Yuliati Zaqiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work