Identifikasi Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Fadliyah Universitas Mataram
  • I. Ketut Widiada Universitas Mataram
  • Muhammad Syazali Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5762

Abstract

Banyak kesulitan belajar yang biasanya dialami oleh siswa, salah satunya adalah kesulitan dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada muatan IPA kelas V di SDN 12 Ampenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 12 Ampenan sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Instrumen tes yang diberikan sebanyak 15 butir soal pilihan ganda muatan IPA berbasis HOTS. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal HOTS diantaranya siswa kesulitan memahami perintah soal, kesulitan memahami arti gambar, kesulitan memahami pilihan jawaban, kesulitan mengetahui arti kata, kesulitan dalam menentukan pilihan jawaban, dan kesulitan konsentrasi dalam mengerjakan soal.

Keywords:

Kesulitan belajar, Soal HOTS, IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggaraini, N. P., Budiyono, & H Pratiwi. (2019). Analysis Of High Order Thingking Skills Students at Junior HIghg School in Surakarta. Journal of Physics: Conference Series, 1211, 1-10

Asipi, L. s., Rosalina , U., & Nopiyadi, D. (2022). The Analysis Of Reading Habits Uaing Miles and Huberman Intractive Model to Empower Student's Literacy at IPB Cirebon. International Journal of Education and Humanities, 2.(3)117-125.

Asmidir, I., Sisca, F., & Solihatun. (n.d.). Diagnosis kesulitan Belajar dan Pembelajaran Remidial. Semarang: Jurusan bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Dini, H. N. (2018). HOTS( High Orde Thingking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma , Prosiding Seminar Nasional Matematika, (Vol.1,pp. 170-176).

Gais, Z., & Afriansyah, E. A (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thingking ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Mosharapa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255-266

Hermawan, I. (2016). Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan bolume 02 No 02 November 2016. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan , 03(02),1-8.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Yiuth, Sport & Health Education.4(1),1-10.

Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom's taxonomy: An overview. Theory into practice. 20(2),142-155.

Kurniati, D. (2016). Kemampuan Berifikir tingkat Tinggi Siswa SMP Di Kabupaten jember Dalam Menyelesaikan Soal Standar PISA. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan , 20(2),142-155.

Lestari, M. A. (2020). Bimbingan Konseling di SD(1st ed.). CV Budi Utama.

Pardomuan. (2017). Peran Koselor Dalam Membantu Pengetasan Malas Belajar Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2.(2),2-5.

Riinawati. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar terhadap Prestasi Belakar Peserta Didik pada Masa Pendemi Covid-19 di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN , 3(4),2305-2312.

Sama', D. (2021). Psikologi Pendidikan (K. I . N. Ardiawan(ed)). Yayayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era global : Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thingking Skill).

Setiawan, S. (2019). Analisis Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar dalam menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI,2(2010), 552-557.

Utaminingtyas, S. (2020). Implementasi Problem Solving Berorientasi Higher Order Thingking Skill (Hots) Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2),84.

Widiastuti, N. L. (2019). Karakteristik dan Model layanan Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 53(9),168.

Downloads

Abstract Views : 1612
Downloads Count: 1029

Published

2023-10-23

How to Cite

Fadliyah, F., Widiada, I. K., & Syazali, M. (2023). Identifikasi Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1931–1939. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5762

Similar Articles

<< < 32 33 34 35 36 37 38 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.