Pengembangan Bahan Ajar Bab 1 Kelas XI Dalam Pembelajaran Teks Argumentasi Berdasarkan Indeks Kepadatan Leksikal di SMK

Authors

  • Fauzan Marwan Ramadhan Universitas Pasundan, Bandung
  • Marlia Universitas Pasundan, Bandung
  • Setiawan Universitas Pasundan, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9572

Abstract

Buku teks utama "Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia" diterbitkan untuk pembelajaran Kurikulum Merdeka di sekolah. Buku bahan ajar dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam, tetapi peserta didik sering kesulitan memahami materi, khususnya dalam materi teks argumentasi. Indeks Kepadatan leksikal dalam teks dapat memengaruhi tingkat pemahaman; semakin tinggi kepadatan leksikalnya, semakin sulit juga pemahamannya. Penelitian ini menggunakan buku teks “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia” sebagai sumber data utama dan hasil observasi, angket, dan dokumentasi dari peserta didik dan tenaga pendidik  Bahasa Indonesia di kelas XI PBR 2 SMK Pasundan 4 Bandung sebagai data sekunder. Metode R&D dengan pendekatan kualitatif digunakan untuk mengembangkan bahan ajar yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam pemahaman siswa setelah menggunakan pengembangan bahan ajar. Nilai rata-rata prates sebesar 41,33 meningkat menjadi 74,67 pada pascates, menunjukkan kenaikan sebesar 33,34%. Hal ini menegaskan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teks argumentasi.

Keywords:

indeks kepadatan leksikal, pengembangan bahan ajar, teks argumentasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339

Huda, M. S. (2021). Frasa Dan Klausa Pembangun Dalam Novel Dia Adalah Dilanku Tahun 1991 Karya Pidi Baiq. LOA: Jurnal Ketatabahasaan Dan Kesusastraan, 16(1), 15. https://doi.org/10.26499/loa.v16i1.2658

Hudin, A. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS Kelas VA SDN Kuripan 01. 25. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54450?mode=full

Marlia. (2023). LEXICAL DENSITY DAN PLAIN LANGUAGE DALAM BAHASA HUKUM: ANALISIS KONTEN PADA PASAL-PASAL KONTROVERSIAL UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).

Marwati, H., & Waskitaningtyas, K. (2021). Cerdas Cergas. In Static.Buku.Kemdikbud.Go.Id. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Bahasa-Indonesia-BG-KLS-XI.pdf

Masna, W. (2022). PERANCANGAN FLASH CARD SEBAGAI ALAT MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN CANVA.

Miaturrohmah. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi pada Prinsip Argumen Driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa pada Tema Pencemaran Lingkungan Kelas VII MTsN 6 Ponorogo. Skripsi.

Nurhasanah, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika 1 Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa Pgsd Universitas Kuningan. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 67. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7017

Putri, S. R. D. (2021). ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PERSEDIAAN SPARE PART (Studi pada AHASS Setio Motor). Doctoral Dissertation, STIE PGRI Dewantara, 43–51. http://repository.stiedewantara.ac.id/1947/5/14. BAB III.pdf

Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 19–34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853

Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran IPS. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51–61. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/epi/index

Downloads

Abstract Views : 256
Downloads Count: 116

Published

2024-10-09

How to Cite

Ramadhan, F. M., Marlia, M., & Setiawan, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Bab 1 Kelas XI Dalam Pembelajaran Teks Argumentasi Berdasarkan Indeks Kepadatan Leksikal di SMK . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9572

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.