Pengembangan E-LKPD Berbantuan Wordwall Materi Perubahan Wujud Benda Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9469Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media E-LKPD berbantuan game edukasi Wordwall guna meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas 3 sekolah dasar. Menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, penelitian dilakukan di UPT SDN Sumberagung 01 Kabupaten Blitar. Analisis awal menunjukkan rendahnya kemampuan literasi sains siswa dan terbatasnya media pembelajaran yang digunakan guru. Pengembangan media melalui tahap desain, pengembangan, dan validasi oleh ahli materi, media, serta respon guru menunjukkan hasil yang sangat valid. Implementasi media dilakukan melalui uji coba pembelajaran dengan pre-test dan post-test. Hasil analisis N-Gain sebesar 0,669 menunjukkan peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada kategori sedang. Validasi ahli materi, media, dan respon guru masing-masing memperoleh persentase 75%, 93,5%, dan 97,3%, mengindikasikan media sangat layak digunakan. Kesimpulannya, pengembangan E-LKPD berbantuan game Wordwall efektif meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dan layak diimplementasikan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.
Keywords:
wordwall, literasi sains, E-LKPDDownloads
References
A. Muri Yusuf. 2022. Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Balai Aksara Edisi III
Alfi, C; & Wibangga, D. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan Roler Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 2 Malang. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual,7(4)
Fatih, M & Alfi, C. (2021). Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi serbagai Upaya Peningkatan kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Perndidikan: Riset dan Konseptual.5(1)
Fatih, M. (2018). Perngembangan Media Permbelajaran saintifik berbasis Multimedia Melalui Model Discovery Learning (studi pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 SDN Kepanjenkidul 2 Kota Blitar). Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual.2(2)
Fatih, M., & Alfi, C. (2021). Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar.
Fatih, Mohamad elt al. (2023). Flip Book Digital Berbasis Aughmented Reality Materi Balok dan Kubus Siswa Kelas V SDN Sumberjo 01 Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual.7(3)
Gunawan, P., & Sujarwo. (2022). Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal Of History Education and Historiography. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jhi/article/view/17948
Mintohari, A., dan Retno. 2023. Pengembangan Media Wordwall Gasper Wuza Dalam Pembelajaran IPA Perubahan Wujud Benda Kelas III Sekolah Dasar. JPGSD. Universitas Negeri Surabaya.
Musyarifah, Sufi. 2023. Pengembangan E-LKPD Berbantuan Game Edukasi Wordwall Pada Materi Limas untuk Mengeksplor Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi.
Oktasari, S. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia Kelas III SD/MI Pada Tema 3 Benda di Sekitarku. Universitas Negeri Raden Intan Lampung
Oktaviana, M., & Ramadhani, S. P. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1090
PISA 2015 Draft Mathematics Framework. New York: Columbia University.
Pratiwi, I. 2019. Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum di Indonesia Pisa Effect On Curriculum In Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 4(1): 52-53.
Putra, Y., Maharani, P., dan Khotimah, K. 2022. Pengembangan Soal Evaluasi Berbantuan Website Wordwall Pada Mata Pelajaran PPKN Materi Nilai-Nilai. Jurnal Kajian Teori Praktik Kependidikan. Universitas Negeri Malang
Rahmawati, R. Y., Isda, M. N., dan Fatonah, S. 2014. Induksi Tunas dari Eksplan Biji Manggis (Garcinia mangostana L.) Asal Bengkalis secara In vitro dengan Perlakuan BAP (Benzylaminopurine) Pada Medium MS. Jurnal of Biology. Universitas Riau. Pekanbaru.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.
Yuyu Yuliati. 2017. “Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA”. Cakrawala Pendas. Vol 3, No 2
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tri Ayu Septarini, Mohamad Fatih, Cindya Alfi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work