Penggunaan Limbah Kemasan Sebagai Bahan Untuk Membuat Kolase Bagi Guru Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8600Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan limbah kemasan sebagai alternatif bahan untuk membuat karya seni rupa bagi guru-guru sekolah dasar sebagai upaya pelestarian lingkungan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, studi literatur, dan dokumentasi. Data dianalisis secara interpretatif menggunakan teori Ki Hajar Dewantara ((Ing ngarsa sung tulada artinya di muka memberi contoh, Ing madya mangun karsa artinya di tengah membangun cita-cita, serta Tut wuri handayani artinya dibelakang terus memberi dukungan) dan teori belajar Konstruktivistik. Langkah-langkah kegiatan adalah 1. Penyaji memberikan arahan terkait dengan kolase. 2. Para guru mengkreasikan karya kolase dengan menggunakan bahan limbah kemasan. Melalui pengamatan dan penciptaan karya, guru-guru memperoleh pengetahuan mengenai kolase berbahan limbah kemasan serta dapat mewujudkan gagasannya. Penyaji memfasilitasi kegiatan proses penciptaan karya ini dengan memberikan motivasi agar para guru dapat menuangkan ide-ide kreatif secara maksimal. 3. Para guru mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas untuk mendapat tanggapan dari teman sejawat ataupun penyaji. Kegiatan ini menunjukkan bahwa para guru telah memiliki pengetahuan terkait dengan kolase berbahan limbah kemasan.
Keywords:
Membuat Kolase, Limbah Plastik, Guru Sekolah DasarDownloads
References
Fadli, Muhammad Rijal. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1).
Fatihah, Siti Arafatul; Ine Nirmala; Feronica Eka Putri. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini melalui Teknik Kolase Bahan Biji-bijian, Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Prkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 19 (1), 51-61.
Firmansyah, Yura, et.al. (2021). Keberadaan Plastik di Lingkungan, Bahaya terhadap Kesehatan Manusia, dan Upaya Mitigasi: Studi Literatur, Serambi Enginering, 6(4), 2279-2285.
Krisyantia , Ilona VOSb; Anjang Priliantini, (2020), Pengaruh Kampanye #PantangPlastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Pengikut Instagram GreenpeaceID), Jurnal Komunika Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 9(1) DOI: 10.31504/komunika.v9i1.2387
Masgumelar, Ndaru Kukuh; Pinton, Setya Mustafa. (2021. Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran, Ghaitsa: Islamic Educational Journal, 2(1), 49-57.
Meyrena, Sukma Dwi; Rizky Amelia. (2020). Analisis Pendayagunaan Limbah Plastik Menjadi Ecopaving Sebagai Upaya Pengurangan Sampah, Indonesian Journal of Conservation, 9(2), 67-100
Permendikbudristek No. 7 Tahun 2022 mengenai Standar Isi
Putri, Aprien Rahma; Benny Aulya Rahman; Mesi Yulia Sri Insani; Farida Mayar. (2021). Analisis Kreativitas Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Seni Melalui Kegiatan Kolase pada Masa Pandemi, Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 5(1), 102-112.
Saputro, Ade & Wijayanti, 2021. Tantangan Guru Abad 21 dalam Mengajarkan SBdP di Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(3).
Sungkowo, Soetopo, 2015. Pembelajaran Seni di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, Vol. 2(1).
Wiryanto & Anggraini, 2022. Analisis Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Konsep Kurikulum Merdeka Belajar, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15 (1)
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Kemala Dewi, Hartono, Muhammad Fazli Taib Bin Saearani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work