Media Pembelajaran Kotak Ekosistem pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5691Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Kotak Ekosistem (KOSIS) yang layak dan praktis pada muatan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi siswa kelas V di SDN 19 Mataram. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Penelitian ini dilakukan di SDN 19 Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media Kotak Ekosistem (KOSIS) yang didesain menggunakan aplikasi canva dan dibuat menggunakan bahan utama kertas kardus. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket kepraktisan oleh guru dan siswa dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Kotak Ekosistem (KOSIS) memperoleh nilai persentase sebesar 89,4% dengan kategori sangat layak oleh ahli media dan memperoleh nilai persentase sebesar 86,4% dengan kategori sangat layak oleh ahli materi. Pada uji kepraktisan oleh guru memperoleh nilai persentase sebesar 85% dengan kategori sangat praktis dan uji kepraktisan oleh siswa memperoleh nilai persentase sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran Kotak Ekosistem (KOSIS) ini sangat layak dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran kelas V di SDN 19 Mataram.
Keywords:
Pengembangan, IPA, Kotak EkosistemDownloads
References
Adiba, R. I., Sulianto, J., & Azizah, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SDN Sawah Besar 01 pada Materi Ekosistem Melalui Gambar Tiga Dimensi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2014), 3539–3544.
Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tingkat SD. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(2), 157–171.
Aini, A. N. (2019). Pengembangan Media “Koeks” Kotak Ekosistem Materi Ekosistem Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash Practicality Of Learning Media for Antibacterial Power of Sapodilla Fruit Extract Based Macromedia Flash. Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 76.
Fauziah, N. R. (2022). Pengembangan Media Poster Muatan PPKn Materi Pancasila Kelas IV SD Negeri 27 Ampenan. Journal of Classroom Action Research.
Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.297
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam.
Hisbullah, & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar (A. Asiz & Mirnawati (eds.)). Aksara Timur.
Mahardika, C., & Siswoyo, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Komponen Ekosistem (KOKOSIS) untuk Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 39–50. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.184
Nugraha, M. P., & Mariana, N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Melalui Penggunaan Media Magic Box Kelas IV SDN Ujung XIII Surabaya. Jpgsd, 06(09), 1516–1525.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Syari’ah Dan Tarbiyah, 03, 171–187. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3735
Prayoga, K. J. (2022). Pembuatan Patung Tari Baris Menggunakan Bahan Daur Ulang Kardus. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 12(1), 55–61. https://doi.org/10.23887/jjpsp.v12i1.43445
Rahmatullah, I., & Teri, A. (2020). Media Pengembangan Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(02), 319–320. http://eprints.unm.ac.id/19185/%0Ahttp://eprints.unm.ac.id/19185/1/03. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.pdf
Suparman, T., & Damayant, A. D. (2023). Pengaruh Media Kokosis Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Citra Magang dan Persekolahan, 1(2), 52-59.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aisyah Satifa, Nurul Kemala Dewi, Nurwahidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work