Implementasi Alat Pembelajaran Kotak Hitung Dalam Pemahaman Berhitung Anak

Authors

  • Nurlita sari Universitas Panca Sakti, Bekasi
  • Rita Aryani Universitas Panca Sakti, Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5817

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui bagaimana implementasi alat pembelajaran kotak hitung dalam pemahaman berhitung di Paud Tunas Cempaka Kota Administrasi Jakarta Barat tahun pelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B usia 5 sampai dengan 6 tahun, yang berjumlah 20 anak di Paud Tunas Cempaka, Kel. Wijaya Kusuma Kec. Grogol Petamburan Jakarta Barat.  Kotak hitung yang peneliti buat dari bahan bekas yang peneliti modifikasi agar menarik minat anak didik dalam berhitung bertujuan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan untuk memudahkan anak didik dalam pemahaman berhitung. Berhitung adalah penguasaan terhadap ilmu hitung dasar yang meliputi penjumlahan, pengurangan perkalian dan pembagian Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode naratif dengan  mengumpulkan data melalui ;  (1) teknik observasi; (2) teknik wawancara; (3) teknik dokumentasi. Hasil analisis data uji  diperoleh bahwa terhitung Anak kelompok B berada di atas rata-rata pada pemahaman dalam berhitung. Dari 20 anak  terdapat  15 anak  dengan hasil berkembang Sangat Baik (BSB), 3 anak dengan hasil Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 2 anak dengan hasil Mulai Berkembang (MB).  Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berhitung dapat berkembang dengan baik melalui alat permainan kotak berhitung.

Keywords:

implementasi, Kotak hitung, berhitung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albi, A. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatis. Jakarta: CV Jejak

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36-47. https://doi.org/10.33650/altanzim.v4i1.975

Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. In Forum Paedagogik (Vol. 6, No. 01). IAIN Padangsidimpuan.

Astuti, N. P., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Bermain Asyik Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2141-2150.

Daiute, C., & Lightfoot, C. (Eds.). (2004). Narrative analysis: Studying the development of individuals in society. Sage.

Dewi, K. (2018). Increasing Beginning Mathematical Ability Through Utilization Of Surrounding Environment Media. In Proceeding Pgmi Internasional Conference 2018 “Strategies And Innovation For The PGMI’s Academia To Face The Challenges Of The Industrial Revolution 4.0” (p. 95).

Fadlillah, I., & Marwan, I. (2021). Pemberdayaan TPQ Melalui Kegiatan BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Di TPQ Miftahu Huda Desa Banjarsari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 4(2), 74-84.

Juniarti, F., & Arofah, D. S. (2018). Meningkatkan Percaya Diri Anak Pada Aspek Kognitif Dengan Metode Bercerita. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(1), 23-37.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: IKAPI

Lasaiba, D. (2018). Pola Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Lingkar Kampus Iain Ambon. Fikratuna: Jurnal Pendidikan & Pemikiran Islam, 8(2).

Mahmudah, M., Wahed, A., & Susilawati, S. (2021). Meningkatkan Kognitif Anak Kelompok B Dalam Berhitung Melalui Media Benda Konkret di TK ABA Kaliloka Kab. Brebes Jawa Tengah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 120-126.

Marlina, R. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Struktural Permainan Ular Tangga Tk Marta? óôé¼ôäóush Shibyan Singocandi Kudus. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2 Oktober).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika anak melalui bermain kartu angka kelompok b di tk pembina bangkinang kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62-71.

Rahman, U. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 46-57.

Setiawan, G. (2004). Implementasi dalam birokrasi pembangunan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis psikologi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156-171.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Usman, N. (2002). Konteks implementasi berbasis kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan belajar pada anak usia dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 159-176.

Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 78-89.

Downloads

Abstract Views : 320
Downloads Count: 482

Published

2023-10-01

How to Cite

sari, N., & Aryani, R. (2023). Implementasi Alat Pembelajaran Kotak Hitung Dalam Pemahaman Berhitung Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1534–1540. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5817

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.