Buku Cerita Bergambar Bermuatan Karakter Gemar Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD

Authors

  • Nilawan Sahbana Putri Universitas Mataram
  • Khairun Nisa Universitas Mataram
  • Nurwahidah Universitas Mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi peserta didik kelas V di SD Negeri 43 Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Reasesc and Development  dengan menggunakan pendekatan model ADDIE ( analysist, desiggn, development, implementation, evaluation).penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 43 Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan bahan ajar buku cerita bergambar yang didesain menggunakan salah satu aplikasi desain yaitu dengan aplikasi desain Canva. data yang digunakan di peroleh dari angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media dan angket respon peserta didik. Angket validasi ahli materi dan ahli media digunakan untuk mengukur kelayakan bahan ajar buku cerita bergambar dan angket respon peserta didik digunakan untuk mengukur kepraktisan buyku cerita bergambar. Komponen buku cerita bergambar terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan, materi pokok, isi cerita, halaman aktivitas peserta didik  dan riwayat penulis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil validasi oleh ahli materi memperoleh nilai sebesar 85,4% dengan kategori “valid” dan hasil validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 91% dengan kategori “sangat valid”. Aspek kepraktisan bahan ajar buku cerita bergambar memperoleh nilai pada uji coba lapangan sebesar 88,3% dalam kategori praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar buku cerita bergambar valid dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran dikelas.

Keywords:

Membaca, Pengembangan, Buku ceita bergambar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 994-1003.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 994-1003.

Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., Saptono, S., & Alimah, S. (2019). A Needs Assessment of Edutainment Module with Ethnoscience Approach Oriented to the Love of the Country. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 153–161. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.13285.

Aufa, M. N., Rusmansyah, R., Hasbie, M., Jaidie, A., & Yunita, A. (2021). The Effect of Using E-Module Model Problem Based Learning (PBL) Based on Wetland Environment on Critical Thinking Skills and Environmental Care Attitudes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(3), 401–407. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.732.

Farhrohman O.(2017) Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Prim J Keilmuan dan Kependidikan Dasar. ;9(1):23-34.

Fitriyana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan.

Gever, V. C., Tunca, E. A., Boluwatife, A. A., Nwogbo, V. C., & Chinweobo-Onuoha, B. N. (2021). Visual Media and Learning: Effect of Interactive Television Instruction as an Intervention Strategy for Improving the Critical Thinking Skills and Disposition of Out-of-School Nomadic Children in Nigeria. Learning and Motivation, 76. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2021.101767.

Kamelia, K. (2019). Using Video as Media of Teaching in English Language Classroom: Expressing Congratulation and Hopes. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 1(1), 34– 38

Kholifah, W. T., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Tematik untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3061-3072.

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29-42.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).

Megawati, & Utami. (2020). English Learning with Powtoon Animation Video. Journal of Education Technology, 4(2), 110. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25096

Pradiani, N. P. W. Y., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Bangun Ruang Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1456-1469.

Purnamasari, N., Siswanto, S., & Malik, S. (2020). E-Module as an Emergency-Innovated lLarning Source during the Covid-19 Outbreak. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.33292/petier.v3i1.53.

Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 54-61.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 270.

Resmini, S., Satriani, I., Raffi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Adimas Siliwangi. 4 (2) Juli, 2021.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.

Saripudin, E., Sari, I. J., & Mukhtar, M. (2018). Using Macro Flash Animation Media on Motion Material to Improve Learning Achievement for Learning Science in Junior High School. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3316.

Downloads

Abstract Views : 451
Downloads Count: 280

Published

2023-11-06

How to Cite

Putri, N. S., Nisa, K., & Nurwahidah, N. (2023). Buku Cerita Bergambar Bermuatan Karakter Gemar Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2070–2077. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/5690

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 18 19 20 21 22 23 

You may also start an advanced similarity search for this article.