Cerdas Sebagai Tujuan Pendidikan Dalam Al-Qur'an

Authors

  • Asep Setiadi Universitas Islam Nusantara
  • Ahmad Saefurrijal Universitas Islam Nusantara
  • Iskandar Mirza Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12820

Abstract

Tujuan pendidikan menurut Al-Qur'an, diantaranya berfokus pada pembentukan kecerdasan kritis individu untuk menjauhi penyebaran hoax dan praktik taqlid. Dalam masyarakat modern yang dipenuhi dengan  informasi yang beragam, penting bagi pendidik bisa untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Penelitian ini menggunakan pendekatan tafsir maudhu'i untuk menganalisis ayat-ayat Al-Qur'an yang relevan dengan tema pendidikan, menyelidiki prinsip-prinsip yang mendasari kecerdasan, serta tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikannya di dunia nyata. Al-Qur'an mendorong manusia untuk mencari pengetahuan dengan pengamatan dan pemikiran yang mendalam, bukan hanya sekadar mengikuti tradisi atau informasi yang tidak terverifikasi. Melalui pendidikan yang berbasis pada ajaran Al-Qur'an, seorang individu diharapkan mampu mengembangkan kemampuan untuk memilah informasi yang benar dan tidak menyesatkan. Dengan demikian, diantara tujuan pendidikan yang ideal adalah menciptakan masyarakat yang cerdas, kritis, dan mampu meminimalisir dampak negatif dari hoax serta taqlid. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu  referensi bagi pengembangan kurikulum pendidikan yang lebih baik, dengan  tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pembentukan karakter dan keterampilan berpikir kritis.

Keywords:

Pendidikan Al-Quran, Kecerdasan kritis, Hoax, Taqlid

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, R. (2017). Pendidikan berbasis nilai: Integrasi Al-Qur'an dalam kurikulum pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 23-36.

Abdurrahman, M. (2021). Integrasi nilai spiritual dalam pendidikan: Membangun karakter unggul siswa. Bandung: Penerbit Harapan.

Al Albani, N. (1996). Sifat salat an-nabi. Beirut: Muassasah Al-Risalah.

Al-Qurtubi. (2008). Tafsir Al-Qurtubi. Jakarta: Penerbit Khasanah Emas.

Fathullah, M. (2019). Tujuan pendidikan dalam Al-Qur'an: Perspektif dan implementasi di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 150-165.

Jalaluddin as-Suyuthi. (2008). Asbabun Nuzul: Sebab-sebab turunnya ayat Al-Qur’an (L. Nuquul, Trans.). Tim Abdul Hayyie. Gema Insani. (Original work published 2008)

Nurhadi. (2018). Pendidikan karakter di era digital: Membangun keterampilan sosial dan emosional peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 101-113.

Shihab, M. Q. (2020). Pendidikan dalam perspektif Islam: Integrasi ilmu dan akhlak. Jakarta: Penerbit Mizan.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah: Jilid 7. Jakarta: Lentera Timur.

Supriyadi, A. (2017). Pendidikan berbasis karakter: Menyiapkan generasi emas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 87-95.

Syamsudin, A. (2018). Pendidikan holistik: Membangun karakter dan kritis siswa. Yogyakarta: Penerbit Ar-Rua.

Thahawi, A. (terjemahan). Muddakarat Ushul Al Fiqh. (Cet. Multaqaa Ahlil-Hadiits). Jakarta: Penerbit Gema Insani Press.

Downloads

Abstract Views : 13
Downloads Count: 5

Published

2025-04-07

How to Cite

Setiadi, A., Saefurrijal, A., & Mirza, I. (2025). Cerdas Sebagai Tujuan Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12820

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.