Cerdas Sebagai Tujuan Pendidikan Dalam Al-Qur'an
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12820Abstract
Tujuan pendidikan menurut Al-Qur'an, diantaranya berfokus pada pembentukan kecerdasan kritis individu untuk menjauhi penyebaran hoax dan praktik taqlid. Dalam masyarakat modern yang dipenuhi dengan informasi yang beragam, penting bagi pendidik bisa untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Penelitian ini menggunakan pendekatan tafsir maudhu'i untuk menganalisis ayat-ayat Al-Qur'an yang relevan dengan tema pendidikan, menyelidiki prinsip-prinsip yang mendasari kecerdasan, serta tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikannya di dunia nyata. Al-Qur'an mendorong manusia untuk mencari pengetahuan dengan pengamatan dan pemikiran yang mendalam, bukan hanya sekadar mengikuti tradisi atau informasi yang tidak terverifikasi. Melalui pendidikan yang berbasis pada ajaran Al-Qur'an, seorang individu diharapkan mampu mengembangkan kemampuan untuk memilah informasi yang benar dan tidak menyesatkan. Dengan demikian, diantara tujuan pendidikan yang ideal adalah menciptakan masyarakat yang cerdas, kritis, dan mampu meminimalisir dampak negatif dari hoax serta taqlid. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi pengembangan kurikulum pendidikan yang lebih baik, dengan tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pembentukan karakter dan keterampilan berpikir kritis.
Keywords:
Pendidikan Al-Quran, Kecerdasan kritis, Hoax, TaqlidDownloads
References
Abdul, R. (2017). Pendidikan berbasis nilai: Integrasi Al-Qur'an dalam kurikulum pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 23-36.
Abdurrahman, M. (2021). Integrasi nilai spiritual dalam pendidikan: Membangun karakter unggul siswa. Bandung: Penerbit Harapan.
Al Albani, N. (1996). Sifat salat an-nabi. Beirut: Muassasah Al-Risalah.
Al-Qurtubi. (2008). Tafsir Al-Qurtubi. Jakarta: Penerbit Khasanah Emas.
Fathullah, M. (2019). Tujuan pendidikan dalam Al-Qur'an: Perspektif dan implementasi di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 150-165.
Jalaluddin as-Suyuthi. (2008). Asbabun Nuzul: Sebab-sebab turunnya ayat Al-Qur’an (L. Nuquul, Trans.). Tim Abdul Hayyie. Gema Insani. (Original work published 2008)
Nurhadi. (2018). Pendidikan karakter di era digital: Membangun keterampilan sosial dan emosional peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 101-113.
Shihab, M. Q. (2020). Pendidikan dalam perspektif Islam: Integrasi ilmu dan akhlak. Jakarta: Penerbit Mizan.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah: Jilid 7. Jakarta: Lentera Timur.
Supriyadi, A. (2017). Pendidikan berbasis karakter: Menyiapkan generasi emas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 87-95.
Syamsudin, A. (2018). Pendidikan holistik: Membangun karakter dan kritis siswa. Yogyakarta: Penerbit Ar-Rua.
Thahawi, A. (terjemahan). Muddakarat Ushul Al Fiqh. (Cet. Multaqaa Ahlil-Hadiits). Jakarta: Penerbit Gema Insani Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asep Setiadi, Ahmad Saefurrijal, Iskandar Mirza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work