Media Papan Kebun Operasi Hitung Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5472Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar media operasi hitung papan taman dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SD 1 Purwosari. Hipotesis kerja penelitian ini adalah penerapan operasi hitung pada media papan taman dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas II yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan 4 tahapan yaitu Desain, Implementasi, Observasi dan Refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah operasi hitung media papan taman dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Dalam penelitian ini, analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama kinerja siswa mencapai 72% dengan skor 2732 dan rata-rata 70 dengan campuran cukup (C), sedangkan pada pertemuan kedua total skor adalah 2871 dengan rata-rata 2871. 74 campuran cukup (C) dan pada penyelesaian siklus II mendapat skor rata-rata 75 dengan kriteria B dan mencapai rata-rata skor II dari 85 kriteria B, sehingga rata-rata skor klasik dengan kriteria B 80 meningkat menjadi skor II dalam siklus. (80%). Kesimpulan bahwa penerapan operasi hitung pada media papan tulis taman dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Keywords:
Media Papan Kebun Operasi Hitung, Aktifitas Siswa, Pembelajaran TematikDownloads
References
Agustin, M., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2017). Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing di smp negeri 15 kota bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66-72.
Ambardini, R. L. (2009). Pendidikan jasmani dan prestasi akademik: tinjauan neurosains. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1).
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi Jakarta.
Cantona, I. G. E., & Sudarma, I. K. (2020). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 269-279.
Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar Di Taman Kanak- Kanak Pembina Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai, 1(1). Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/55
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Kholifah. (2016). Keefektifan model problem posing terhadap aktivitas dan hasil belajar materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri 01 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Universitas Semarang, Jawa Tengah: Skripsi (Online). Tersedia di: https://lib.unnes.ac.id/24266/1/1401412183.pdf.
Mahendra, N. R., Mulyono, M., & Isnarto, I. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 287-292).
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Primasari, R. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran di Madrasa Aliyah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1), 68–72. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101
Putri, A. I. K. D., Prihandono, T., & Putra, P. D. A. (2017). Penerapan model pembelajaran talking stick disertai metode demonstrasi berbantuan media Kokami mata pelajaran ipa di smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 321-328.
Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sitompul, Setiawan, & Purba. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Desain Sistem Instruksional Pendekatan Tpack. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(2), 141–146. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8761
Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 56-62.
Twiningsih, A., & Sayekti, T. (2020). Media Kotak Ajaib Berbasis Stem Pada Materi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.011.02
Ulfanisa, C. (2018). Penerapan Pembelajaran Pengajuan Masalah Berbantuan Papan Magnetik Untuk Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(2), 734-740.
Wijayanti, D., Murtono, M., & Kironoratri, L. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Quantum Teaching Dan Media Palang Arahku. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 80-85.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Edi Nugroho, Lovika Ardana Riswari, Lintang Kironoratri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work