Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Siswa SD Kelas IV

Authors

  • Dwi Rizky Utari Universitas Islam Riau
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 yang valid untuk materi keragaman sosial dan budaya di Indonesia pada mata pembelajaran IPAS. Media pembelajaran interaktif ini ditujukan untuk menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan mempermudah siswa dalam memahami pelajaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D.  Penelitian ini menggunakan tiga tahap, yaitu 1) Tahap define, 2) Tahap design, 3) Tahap development. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kusioner. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 pada materi keragaman sosial dan budaya di Indonesia dinyatakan sangat layak digunakan tanpa revisi dengan hasil penilaian validasi ahli materi sebesar 93,3% dengan kategori sangat valid, dari ahli bahasa sebesar 94,6% dengan kategori sangat valid, dan dari ahli media sebesar 97,8% dengan kategori sangat valid. Nilai rata-rata dari validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media didapatkan sebesar 95,2% kategori sangat valid. Sehingga media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 pada materi keragaman sosial dan budaya di Indonesia untuk kelas IV dapat dikategorikan sangat valid dan sudah layak digunakan tanpa revisi.

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49.

Afriza, Y. Y., Hutapea, N. M., & Armis, A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning pada materi barisan bilangan di kelas VIII SMP. Jom Fkip, 5(1), 1–12. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/19732

Anggraeni, S., Sunaryo, S., & Suhendar, A. (2023). Analisis Kreativitas Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Kelas IV SDN Kebon Cau I Kabupaten Tangerang. ALSYS, 3(4), 388-400.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33-48.

Endarto, I. A., & Martadi, M. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi Interaktif. BARIK, 4(1), 37-51.

Fatmawati, F., Hidayat, M. Y., Damayanti, E., & Rasyid, M. R. (2020). Gaya Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 23. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13472.

Heryana, N., Kom, M., Junaidin, M. P., Nugroho, I., Metha Fahriani, S. S. T., Nurlaila, M. P., ... & Kom, M. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran Di Era Digital. Cendikia Mulia Mandiri.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197.

Mubarok, S. (2020). Pembelajaran Multimedia Interaktif dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII A di MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Putra, L. D., dan Ishartiwi. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178.

Rafmana, H., & Chotimah, U. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 05(1), 52–65. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/7898.

Rusdewanti, P. P., dan Gafur, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Seni Musik Untuk Siswa Smp. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–164.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Purwadita, 2(2), 50–56.

Zakaria, Z., Sukomardojo, T., Sugiyem, S., Razali, G., & Iskandar, I. (2023). Menyiapkan Siswa untuk Karir Masa Depan Melalui Pendidikan Berbasis Teknologi: Meninjau Peran Penting Kecerdasan Buatan. Journal on Education, 5(4), 14141-14155.

Downloads

Abstract Views : 1148
Downloads Count: 614

Published

2023-10-01

How to Cite

Utari, D. R., & Ramadan, Z. H. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Siswa SD Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1810–1817. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6262

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.