Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4694Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran group investigation berbantuan media puzzle pada siswa kelas V materi teks nonfiksi. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian tindakan kelas (PTK), dilakukan di bimbingan belajar Arrohimuna. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus di mana setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Penelitian ini melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refeksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatatan pada keterampilan berbicara siswa, pra siklus memperoleh rata-rata 50% dengan kategori kurang, setelah dilaksanakan siklus I persentase rata-rata 80% dengan kategori baik, dan siklus II memperoleh persentase rata-rata 86% dengan kategori baik. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil, dilihat dari peningkatan keterampilan berbicara siswa mulai pra siklus sampai diadakan siklus I dan siklus II telah memenuhi target yang diinginkan. Dengan begitu terbukti bahwa model pembelajaran group investigation berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Keywords:
group investigation, keterampilan berbicara, media puzzleDownloads
References
Agustina, M., & Pujiati, R. P. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol, 6(4).
Ardianti, U., & Ismaya. (2018). PAKEM Dalam Kurikulum 2013. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Artini, Pasaribu, M., & Husain, S. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Goup Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SD Inpres 1 Tondo. E-Jurnal Mitra Sains, 4(1), 76–83.
Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48-52.
Christina, L. V. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scolaria, 6(3), 217–230.
Ervina, H., Sumardi, S., & Suryana, Y. (2020). Pengembangan media puzzle tentang sejarah kerajaan Hindu Budha di Indonesia untuk siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 16(1).
Jannah, F., & Fahlevi, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Dikombinasikan dengan Group Investigation dalam Hasil Belajar Siswa pada Materi Organisasi Pemerintahan Pusat di Kelas IV SDN 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. -, 5(1), 73-80.
Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan storytelling untuk meningkatkan keterampilan berbicara di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038-1046.
Khomsoh, R. (2013). Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan guru sekolah dasar, 1(2), 1-11.
Londa, A. H., Mete, Y. Y., & Sadipun, B. (2018). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA. Journal of Elementary School (JOES), 1(2), 113-120.
Marjasuwati, M. (2021). Peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara melalui media gambar seri. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 90.
Nisa, S. K., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Penerapan Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 211-224.
Nurpratiwiningsih, L., & Mumpuni, A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(01), 1-6.
Putri, S. A., Destiniar, D., & Sunedi, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 100 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1783-1789.
Saddhono, K. & Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sai, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Internet Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Digital Literasi Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(1), 37–54.
Santi, E. S. (2019). Penerapan model group investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas tinggi. utile: Jurnal Kependidikan, 5(2), 123-133.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suhada, I., & Hartati, S. (2017). Penerapan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 7(1), 64-75.
Tarigan, G. H. (2018). Berbicara Sebagai SuatuKeterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wiranata, I. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 39-48.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tsaniya Rahma, Mohammad Syaffruddin Kuryanto, Lintang Kironoratri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work