Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SDN Kraton VI Maospati

Authors

  • Marsini Universitas Doktor Nugroho Magetan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4211

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pembelajaran pada beberapa siswa di SDN Kraton VI Maospati yang ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk motivasi siswa kelas IV dan V terhadap pembelajaran IPS di SDN Kraton VI Maospati tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV dan V di SDN Kraton VI Maospati tahun ajaran 2022/2023, yang berjumlah 49 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas IV dan V terhadap pembelajaran IPS di SDN Kraton VI Maospati tahun ajaran 2022/2023 berada pada kategori sangat rendah sebesar 4,08% (2 siswa), kategori rendah sebesar 16,33% (8 siswa), kategori cukup sebesar 24,49% (12 siswa), kategori tinggi sebesar 40,82% (20 siswa), dan kategori sangat tinggi sebesar 14,29% (7 siswa). kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar siswa di SDN Kraton VI Maospati memiliki kategori tinggi.

Keywords:

motivasi, siswa, pembelajaran IPS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderman, E. M., & Maehr, M. L. (1994). Motivation and schooling in the middle grades. Review of educational Research, 64(2), 287-309.

Arianti, A. (2019). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41-62.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bloom, B.S., Engelhart, M.D., Furts, E.J., Hill, W.H., & Krathwohl, D.R. (1956). Taxonomy of educational objectives, the classification of educational goals, handbook I: Cognitive domain. New York: Longman, Inc.

Cahyono, S. D., & Budiartono, M. T. (2016). Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Surabaya pada Materi Lingkaran. MATHEdunesa, 3(5), 1-6.

Cicuto, C.A.T., & Torres, B.B. (2016). Implementing an active learning environment to influence students’ motivation in biochemistry. Journal of Chemical Education, 93(6), 1020-1026

Damopolii, Muljono and Tahir, M. Yusuf (2017) Analisis Prokrastinasi Akademik Pembimbingan Ilmiah : Studi Kasus pada Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M), Makassar.

Glynn, S. M., Brickman, P., Armstrong, N., & Taasoobshirazi, G. (2011). Science motivation questionnaire II: Validation with science majors and nonscience majors. Journal of research in science teaching, 48(10), 1159-1176.

Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210.

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 24-32.

Mediawati, E. (2010). Pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan kompetensi dosen terhadap prestasi belajar. Dinamika Pendidikan, 5(2).

Muhaemin, B. (2013). Urgensi Motivasi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Adabiyah, 13(1), 47-53.

Ociria, O., Junaidi, I. A., & Suryani, I. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Rambai. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12494-12499.

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 17-32.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55-75.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2008). Teori motivasi & pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Abstract Views : 544
Downloads Count: 307

Published

2023-03-22

How to Cite

Marsini, M. (2023). Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SDN Kraton VI Maospati . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 302–309. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4211

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.