Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SDN Kraton VI Maospati
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4211Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pembelajaran pada beberapa siswa di SDN Kraton VI Maospati yang ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk motivasi siswa kelas IV dan V terhadap pembelajaran IPS di SDN Kraton VI Maospati tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV dan V di SDN Kraton VI Maospati tahun ajaran 2022/2023, yang berjumlah 49 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas IV dan V terhadap pembelajaran IPS di SDN Kraton VI Maospati tahun ajaran 2022/2023 berada pada kategori sangat rendah sebesar 4,08% (2 siswa), kategori rendah sebesar 16,33% (8 siswa), kategori cukup sebesar 24,49% (12 siswa), kategori tinggi sebesar 40,82% (20 siswa), dan kategori sangat tinggi sebesar 14,29% (7 siswa). kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar siswa di SDN Kraton VI Maospati memiliki kategori tinggi.
Keywords:
motivasi, siswa, pembelajaran IPSDownloads
References
Anderman, E. M., & Maehr, M. L. (1994). Motivation and schooling in the middle grades. Review of educational Research, 64(2), 287-309.
Arianti, A. (2019). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41-62.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bloom, B.S., Engelhart, M.D., Furts, E.J., Hill, W.H., & Krathwohl, D.R. (1956). Taxonomy of educational objectives, the classification of educational goals, handbook I: Cognitive domain. New York: Longman, Inc.
Cahyono, S. D., & Budiartono, M. T. (2016). Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Surabaya pada Materi Lingkaran. MATHEdunesa, 3(5), 1-6.
Cicuto, C.A.T., & Torres, B.B. (2016). Implementing an active learning environment to influence students’ motivation in biochemistry. Journal of Chemical Education, 93(6), 1020-1026
Damopolii, Muljono and Tahir, M. Yusuf (2017) Analisis Prokrastinasi Akademik Pembimbingan Ilmiah : Studi Kasus pada Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M), Makassar.
Glynn, S. M., Brickman, P., Armstrong, N., & Taasoobshirazi, G. (2011). Science motivation questionnaire II: Validation with science majors and nonscience majors. Journal of research in science teaching, 48(10), 1159-1176.
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210.
Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 24-32.
Mediawati, E. (2010). Pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan kompetensi dosen terhadap prestasi belajar. Dinamika Pendidikan, 5(2).
Muhaemin, B. (2013). Urgensi Motivasi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Adabiyah, 13(1), 47-53.
Ociria, O., Junaidi, I. A., & Suryani, I. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Rambai. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12494-12499.
Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 17-32.
Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55-75.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. B. (2008). Teori motivasi & pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Marsini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work