Pengembangan Instrumen Evaluasi Literasi Matematis Berdasarkan Perspektif Multiple Intelligences Berbasis Etnomatematika Pada Budaya Jawa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3172Abstract
Kemampuan literasi matematis perlu dikuasai oleh setiap peserta didik dalam proses belajar matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi kemampuan literasi matematis berdasarkan perspektif Multiple Intelligences berbasis Etnomatematika pada budaya Jawa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menurut Djemari Mardapi. Sampel pada penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII A pada SMP Negeri 35 Tebo Jambi di semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa produk instrumen evaluasi literasi matematis berdasarkan perspektif Multiple Intelligences berbasis Etnomatematika pada budaya Jawa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil validasi ahli materi. 20 butir soal tes literasi matematis dalam perpektif multiple linguistic intelligences, multiple logical-mathematical intelligences, multiple visual spasial intelligences, dan multiple bodily-kinesthetic intelligences telah memenuhi kriteria soal valid untuk digunakan sebagai instrumen evaluasi literasi matematis dalam perpektif multiple intelligences.
Keywords:
Instrumen Evaluasi, Literasi Matematis, Multiple Intelligences, LKPD berbasis etnomatematikaDownloads
References
Darmawan, E., Brasilita, Y., Zubaidah, S., & Saptasari, M. (2018). Meningkatkan keterampilan metakognitif siswa berbeda gender dengan model pembelajaran simas eric di sman 6 malang. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 47-56.
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535
Hasnidar, Sulihin, & Elihami. (2020). Developing of multiple intelligences in students with the two stay two strays type. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 7–12. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/680
Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2019). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213–218. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5359
Hofur, H. (2021). Konsep Multiple Intelligences Perspektif Al-Quran/ Hadis dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 27–50. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v17i2.1647
Hujjatusnaini, N., Meliyani, M., Yuliandari, Y., Yulianti, I., Sulistiowati, oor Y., & Istiqomah, N. (2020). Analisis Pola Hubungan Antara Gaya Belajar, Karakter dan Multiple Intelligences Mahasiswa Pada Pembelajaran Biologi Terintegrasi Fenomena Coronavirus-19. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(3), 76–83. https://doi.org/10.23960/jbt.v8i3.21646
Indrawati, F. A., & Wardono. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267.
Istiqomah, I., Netriwati, N., & Putra, F. G. (2021). The Model Simas Eric Berbasis Assessment For Learning Dan Self-Confidence: Dampaknya Dan Interaksi Terhadap Pemecahan Masalah. Nabla Dewantara, 6(2), 80-93.
Jamil, N. A., Anggoro, B. S., & Gunawan, W. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Dan Burnout Berpikir Kreatif Peserta Didik Berdasarkan Pembelajaran MMP (Somatic, Auditory, Visual And Intellectually). Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 140–148. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa%0AI.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910.
Lestariningsih, Nurhayati, E., & Cicinidia. (2020). Jenis Proses Berpikir Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 83–94.
Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658.
Malasari, P. N. (2019). Kontribusi Habits of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 153–164. https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6361
Mujib, M., Mardiyah, M., & Suherman, S. (2020). STEM : Pengaruhnya terhadap Literasi Matematis dan Kecerdasan Multiple Intelligences. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 66–73. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5448
Noor, P. P., & Abadi, A. P. (2022). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Perkembangan Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 466–473. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1986
Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2021). Bahan Ajar Berbasis STEM dalam Pembelajaran Matematika : Potensi dan Metode Pengembangan. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 4, 298–302.
Posangi, S. S. (2020). Strategi Belajar Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Al-Muzakki: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 1–16. https://www.e-journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/almuzakki/article/view/125
Pratomo, R. H. S., & Nur, S. M. (2021). Model Pembelajaran Simas Eric Solusi Alternatif Meningkatkan Motivasi Belajar|| Learning Model Simas Eric Alternative Solutions to Increase Learning Motivation. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 7(1), 195-207.
Rudyanto, H. E., HS, A. K., & Dea Pratiwi. (2019). Etnomatematika Budaya Jawa : Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 25–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348
Sukaesih, E. S., Indiati, I., & Purwosetiyono, F. X. D. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Komunikasi Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(4), 310–320.
Sulistiawati, S., Juandi, D., & Yuliardi, R. (2021). Pembelajaran Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Perkuliahan Pra-Kalkulus 1. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(1), 82–97. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4727
Utami, P. R., Junaedi, I., & Hidayah, I. (2018). Mathematical Representation Ability of Students’ Grade X in Mathematics Learning on Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 164–171. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.25486
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dian Sukmawati, Bambang Sri Anggoro, Dona Dinda Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work