Metode Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Pragmatik

Authors

  • Nur Alfin Hidayati Univeristas Muria Kudus
  • Agus Darmuki Univeristas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.3013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang penggunaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah pragmatik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data yang digunakan adalah informan, peristiwa dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah Kaprodi, dosen, dan mahasiswa yang memprogram mata kuliah pragmatic dengan jumlah mahasiswa 20 orang (3 laki-laki dan 17 perempuan) di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMK. Peristiwa dalam penelitian ini adalah segala bentuk pembelajaran di dalam dan di luar kelas. Dokumen penelitian ini adalah RPP, RPS, daftar nilai. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan tehnik triangulasi. Hasil belajar mata kuliah pragmatik yang diperoleh mahasiswa, dapat diketahui bahwa rata-rata skor pada tindakan prasiklus adalah 65,1 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebanyak 35% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72,3 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebanyak 60%. Pada siklus II rata-rata skor hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan lagi menjadi 86,35 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 85%. Berdasarkan data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode CTL terbukti mampu meningkatkan hasil belajar mata kuliah pragmatik pada mahasiswa PBSI FKIP UMK Tahun Akademik 2021/2022.

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Crawford, M. L. (2001). Teaching Contextually. Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science. Waco, TX: CCI Publishing.

Darmuki, A., Andayani, Joko N., Kundharu S. (2017). Coperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch, 8(1), 44-51.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction, 11(2), 115-128.

Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI, 121-126.

Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Model Kooperatif Tipe NHT pada Mahahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019 [The Improvement of Speaking Skill using NHT Cooperative Model at First Year Students of Indonesian Language and Literature Department]. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 9-18.

Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pidato Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.

Hidayati, NA., Herman J.W., Retno W., Suyitno. (2017). Ritual Animism and Religious on Sura Thanksgiving Ceremony of Samin Jepang Margomulyo Tribe Community. ICIGR. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), vol. 125, Pp. 348-353.

Hidayati, NA., Herman J.W., Retno W., Suyitno. (2018). Integrating Javanese Samin Culture and Islam Precepts In Sura. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things, Eudl Proceding, https://eudl.eu/pdf/10.4108/eai.19-10-2018.2282549.

Hidayati, Nur A., Herman J. W., Retno W., Suyitno. (2019). Meanings and Values of Local Wisdom in Sura Salvation Ceremony of Samin Jepang Community, Indonesia for Audio Visual Technology-Based Learning.EUDL. DOI:10.4108/eai.19-10-2018.2282549.

Hidayati, NA., Herman J.W., Retno W., Suyitno. (2019). Islamic Values of Sura Ceremony Done by Samin People in Jepang, Margomulyo, Bojonegoro as Character Education for Undergraduates. Proceedings of the 1st Seminar and Workshop on Research Design, for Education, Social Science, Arts, and Humanities, eudl. https://eudl.eu/pdf/10.4108/eai.27-4-2019.2286892.

Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., Winarni, R., & Suyitno. (2020). Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students. International Journal of Instruction, 13(2), 179-198.

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252-259.

Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1738–1744. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1566.

Hidayati NA., & Darmuki A. (2022). Penggunaan E-LKPD Berbasis Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis. Media Penelitian Pendidikan. Vol 16(1). 39-48. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.12078.

Johnson, E. B. (2014). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengasyikkan dan Bermakna. (Ibnu Setiawan, Translator). Bandung: Kaifa.

Hoogland, K., Pepin, B., Bakker, A., de Koning, J., & Gravemeijer, K. (2016). Representing contextual mathematical problems in descriptive or depictive form: Design of an instrument and validation of its uses. Studies in Educational Evaluation, 50, 22- 32. doi: 10.1016/j.stueduc.2016.06.005.

Johnson, E. B. (2012). Contextual Teaching and Learning: What it is and why it's here to stay. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (2018). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Korniawanto, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Metode Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1665–1671.

Mugiya, S. (2021). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 200–206. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.795

Perin, D. (2011). Facilitating student learning through contextualization: A review of evidence. Community College Review, 39(3), 268-295. Retrived from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED516783.pdf

Reese, S. (2002). Contextual teaching and Learning. Techniques. Vol.77, No 1.

Retnowati, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Metode Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1482–1487. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1522

Suciati, Kartowagiran, B., Munadi, S., & Sugiman. (2019). The Single-Case Research of Coastal Contextual Learning Media on the Understanding of Numbers Counting Operation Concept. International Journal of Instruction, 12(3), 681-698. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12341a.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Yuliana, E., Fitriani, Y. ., & Ali, M. . (2022). Kajian Pragmatik Terhadap Interaksi Sosial Melalui Penjualan Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 735–740. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2278.

Downloads

Abstract Views : 344
Downloads Count: 452

Published

2023-01-30

How to Cite

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2023). Metode Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Pragmatik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.3013

Most read articles by the same author(s)