Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube

Authors

  • Nur Alfin Hidayati IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1566

Keywords:

pidato, metode demonstrasi, youtube

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pidato melalui metode demonstrasi berbantuan unggah tugas video di youtube pada mahasiswa tingkat I Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Mahasiswa tingkat I Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro sebagai subjek penelitian. Proses pembelajaran pidato sebagai objek penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes praktik. Hasil penlitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pidato nilai rata-rata kelas dari prasiklus sebesar 69.3 meningkat pada siklus 1 sebesar 75.5 dan meningkat pada siklus 2 sebesar 84.6. Mahasiswa yang tuntas juga ada peningkatan dari prasiklus 12 mahasiswa yang tuntas meningkat pada siklus 1 menjadi 17 mahasiswa selanjutnya pada siklus 2 meningkat menjadi 25 mahasiswa. Prosentase ketuntasan pada prasiklus sebesar 43.75% meningkat pada siklus 1 sebesar 71.87% dan meningkat pada siklus 2 sebesar 93.75%. Simpulan bahwa penerapan metode demonstrasi berbantuan unggah tugas video di youtube dapat meningkatkan kemampuan pidato pada mahasiswa tingkat I Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-26

How to Cite

Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1738–1744. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1566