UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI GOOGLE MEET BERBASIS UNGGAH TUGAS VIDEO DI YOUTUBE PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.687Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan berbicara mahasiswa dengan menggunakan media aplikasi google meet berbasis unggah tugas video di youtube. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas I B Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Bojonegoro yang berjumlah 28 mahasiswa. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PBSI yang mengambil mata kuliah Keterampilan Berbicara pada semester satu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes praktik berbicara yang diunggah di youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prosentase ketuntasan mahasiswa pada prasiklus sebesar 43% (12 mahasiswa), pada siklus I sebesar 61% (17 mahasiswa), pada siklus II, prosentase ketuntasan mahasiswa meningkat menjadi 89% (25 mahasiswa). Kesimpulan temuan penelitian ini bahwa menggunakan media aplikasi google meet berbasis unggah tugas di youtube dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara mahasiswa pada kelas I B Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2020/2021.
Keywords:
Google Meet, Youtube, Berbicara, Covid-19Downloads
References
Baskoro, A. (2009). Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta : PT Trans Media.
Burke, S.C., Snyder, S., Rager, R.C. (2009). An Assessment of Faculty Usage of Youtube as a Teaching Resource. The Internet Journal of Allied Health Sciences and Practice. Vol. 7(1), 8
Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.
Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI. 121-126.
Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Kredo. 2(2), 256-267.
Darmuki, A., Andayani, Joko N., Kundharu S. (2017). Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.
Darmuki, A., Andayani, Joko N., Kundharu S. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.
Darmuki, A., Andayani, Joko N., Kundharu S. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2019). Developing Beach Ball Group Investigations Cooperative. International Conferences Seword Fresh, 1-7.
DeWitt, D., Alias, N., Siraj, S., Yaakub, M. Y., Ayob, J., & Ishak, R. (2013). The potential of Youtube for teaching and learning in the performing arts. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 103, 1118 -1126.
Elyas, H. A. (2018). Penggunaan model pembelajaran e learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta. Vol. 56, 1829-7463.
Fuadi, T. M., Musriandi. R., &Suryani, L., (2020). Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 193–200.
Gomes, S. (2008). YouTube in pediatric anesthesia induction. Paediatric Anaesthesia, 18, 801-802.
Iwantara, I.W., Sadia, I.W., dan Suma, I K. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube dalam Pembelajaran IPA terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4, 1-13.
Lewandowski, M. (2015). Creating Virtual Classrooms (Using Google Hangouts) For Improving Language Competency. Language Issues: The ESOL Journal 26(1): 37-42.
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Vol. 5(1), 135-159.
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323.
Sianipar, A. P. (2013). Pemanfaatan youtube di kalangan mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 2(3), 1–10.
Snelson, C. 2011. Youtube across the Disciplines: A Review of Literature. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching. Vol. 7(1), 159-169.
Rohandi, Y. (2020). Teaching EFL Students Using Selected Media: Offline Video Taken From YouTube. The journal of Ultimate Research and Trends in Education. Vol 2(1), 29-33.
Thornbury, S. (2005). How to Teach Speaking. Tanpa Kota: Longman.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work