Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.3064

Keywords:

Poject Based Learning, Keterampilan, Berpikir Tingkat Tinggi, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa menggunakan model Project Based Learning pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia di Prodi Managemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muria Kudus. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini berupa proses pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia pada mahasiswa kelas H semester 2 Prodi Managemen Fakultas Ekonomi Bisnis UMK yang memprogram mata kuliah Bahasa Indonesia dengan jumlah 51 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dari kategori keterampilan berpikir HOTSsaat prasiklus 30% meningkat menjadi 50% pada siklus 1 dan menjadi 88% pada siklus 2, begitu juga untuk kategori kreatifitas mahasiswa meningkat dari prasiklus  29% meningkat menjadi 51 % pada siklus 1 dan menjadi 90% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia di Prodi Managemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muria Kudus Tahun Akademik 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agus Darmuki, IKIP PGRI Bojonegoro

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni

ID Scopus: 57200994165
ID Sinta: 5981394
ID Scholar: lmYic8oAAAAJ

Nur Alfin Hidayati, Universitas Muria Kudus

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Abdullah, A. H.., M. Mokhtar, N. D. A. Halim, D. F. Ali, L. M. Tahir, and U. H. A. Kohar. (2017) Mathematics Teachers’ Level of Knowledge and Practice on the Implementation of Higher Order Thinking Skills (HOTS). Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ, 13(1), 3-17.

Abraham, A. (2016). Gender and Creativity: An Overview of Psychological and Neuroscinetific Literature. Brain Imaging and Behavior, 10(2), 609—618. DOI https://doi.org/10.1007/s11682-015-9410-8.

Alkandari, K., & Al-Failakawei, A. (2022). Enhancement of Preservice Islamic Studies Teachers’ Autonomous Learning Skills: Designing a Reverse Learning Project. International Journal of Instruction, 15(1), 153-166. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1519a.

Asmara, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendekatan TASC (Thinking Actively Social Context) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Chalkiadaki, A. (2018). A Systematic Literature Review of 21st Century Skills and Competencies in Primary Education. International Journal of Instruction, 11(3), 1-16.

Chinedu, C. C., O. S. Olabiyi, and Y. Bin Kamin. (2015). Strategies for improving higher order thinking skills in teaching and learning of design and technology education. J. Tech. Educ. Train 7 2.

Darmuki, Agus. (2014). Pengintegrasian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pengajaran Matakuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi IKIP PGRI Bojonegoro. Seminar Nasional AJPBSI. Vol. 3(1), 79-82.

Darmuki, Agus. (2013). Pembelajaran Menulis Puisi dalam Pembentukan karakter Berdasarkan Kurikulum 2013. Seminar Nasional Inovasi PBSI dalam Kurikulum 2013. Vol. 1, 34-40.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch, 8(1), 44-51.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction, 11(2), 115-128.

Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI, 121-126.

Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Model Kooperatif Tipe NHT pada Mahahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019 [The Improvement of Speaking Skill using NHT Cooperative Model at First Year Students of Indonesian Language and Literature Department]. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 9-18.

Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pidato Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.

Darmuki, A., Hidayati, N. A., & Ningsih, A. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Menggunakan Media Buku Teks Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1806-1811.

Darmuki A., Hidayati, NA. & Ningsih AA. (2022). Analisis Kebutuhan Buku Teks Strategi Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 12(2). 201-207. https://doi.org/10.24176/re.v12i2.6892.

Darmuki A. & Hidayati NA. (2022). Pembelajaran PBL Kolaborasi PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan 4C pada Mata Kuliah Pragmatik. Media Penelitian Pendidikan. Vol 16(1). 21-27. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.12050.

Duke, N. K. (2016). Project-based instruction: A great match for information texts. American Educator, 40(3), 4–11.

Fajarwati, S.K., H. Susilo, and S. E. Indriwati. (2017). Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas XI SMA. J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengembangan, 2 (3) 315–321.

Fitri, H., I. W. Dasna, and S. Suharjo. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant J. Ris. dan Konseptual, 3 (2) 201–212.

Forster, M. (2004). Higher Order Thinking Skills. Research Developments. 11(1), 10-15.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills. California: Corwin a Sage Company. Hu, W. & Adey, P. 2002. A Scientific Creativity test for Secondary School Students. International Journal of Science Education, 24(4), 389—403. https://doi.org/10.1080/09500690110098912.

Ichsan, I. Z., D. V. Sigit, M. Miarsyah, A. Ali, W. P. Arif, and T. A. Prayitno. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning. Eur. J. Educ. Res 8 4 935–942.

Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462-468.

Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1738-1744.

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252-259.

Hidayati N.A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Keterampilan Berbicara. Jurnal Kredo. Vol 5(1). 322-335.

Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462–468. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578.

Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1738–1744. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1566

Hidayati NA., & Darmuki A. (2022). Penggunaan E-LKPD Berbasis Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis. Media Penelitian Pendidikan. Vol 16(1). 39-48. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.12078.

Jailani, J., S. Sugiman, and E. Apino. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. J. Ris. Pendidik. Mat, 4(2), 247–259.

Kim, S., Raza, M., Seidman, E. (2019). Improving 21st-Century Teaching Skills: The Key to Effective 21stcentury Learners. Journal Sagepub (online), 1-19.

Kurniawan, S., Suryaningsih, Y., & Gaffar, A. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 622-629. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/90.

Muskita, M., Subali, B., & Djukri. (2020). Effects of Worksheets Base the Levels of Inquiry in Improving Critical and Creative Thinking. International Journal of Instruction, 13(2), 519-532.

Masek A dan Yamin S. (2011). The effect of problem based learning on critical thinking ability: a theoretical and empirical review. International Review of Social Sciences and Humanities.; 2(1): 215-221. http://irssh.com/yahoo_site_admin/assets/doc s/19_IRSSH-126-V2N1.51195951.pdf.

Mahasneh, A. M., & Alwan, A. F. (2018). The effect of project-based learning on student teacher self-efficacy and achievement. International Journal of Instruction, 11(3), 511–524..

Munandar, U. (2015). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.

Nawawi, s., dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sains Vol. 4 : 88-95.

Nisa, N.A.K., R. Widyastuti, and A. Hamid. (2018). Pengembangan Instrumen Assessment Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Lembar Kerja Peserta Didik Kelas VII SMP. in Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 543–556.

Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis.Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 6(2), 44-50.

Rochmad, A. Agoestanto & M. Kharis. ( 2018). Characteristic of Critical and Creative Thinking of Students of Mathematics Education Study Program. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 983.

Rahardjanto, A., Husamah, & Fauzi, A. (2019). Hybrid-PjBL: Learning outcomes, creative thinking skills, and learning motivation of preservice teacher. International Journal of Instruction, 12(2), 179–192.

Robitah, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Inquiri dan Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Keterampilan Proses Ilmiah, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajawali Press.

Sulaiman, T., V. Muniyan, D. Madhvan, R. Hasan, S. Syrene, and A. Rahim. (2017). Implementation of higher order thinking skills in teaching of science: A case study in Malaysia. Int. Res. J. Educ. Sci 1 1 2550–2158.

Sunito, I., Sukarjo, M., Masribi, Syukur, R., Latifah, U., Fakhruddin, M., Chudori, A., Komarudin, U., & Syarif, I. (2013). Metaphorming: Beberapa Strategi Berpikir Kreatif. Jakarta: Indeks.

Susanto, E. & H. Retnawati. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. J. Ris. Pendidik. Mat 3 2 189–197.

Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi A. (2021). The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(4), 1-21.

Syarifah, H., Indriwati, S.E., & Corebima, A. D. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dipadu Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Laki-laki dan Perempuan SMAN di Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 801—805. Retrieved from journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/6259/2675.

Torres, A., Sriraman, V., & Ortiz, A. (2021). Comprehensive assessment of a project based learning application in a project management course. International Journal of Instruction, 14(3), 463- 480. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14327a.

Thompson, T. (2008). Mathematics Teachers’ Interpretation of Higher-Order Thinking In Bloom’s Taxonomy. International Electronic Journal of Mathematics Education. 3(2), 96-109.

Ülger, K., & Morsünbül, Ü. (2016). The Differences in Creative Thinking: The Comparison of Male and Female Students. The Online Journal of Counseling and Education, 5(4), 1—12. Retrieved from http://www.tojce.com/frontend//articles/pdf/v5i4/1-12-ulger-morsunbulpdf.pdf.

Widana, I.W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (HOTS). JISAE J. Indones. Student Assesment Eval 3 1 32–44.

Widana, I.W., I. M. Y. Parwata, N. N. Parmithi, I. G. A. T. Jayantika, K. Sukendra, and I. W. Sumandya. (2018). Higher order thinking skills assessment towards critical thinking on mathematics lesson. Int. J. Soc. Sci. Humanit 2 1 24–32.

Yee, M.H., J. M. Yunos, W. Othman, R. Hassan, T. K. Tee, and M. M. Mohamad. (2015). Disparity of learning styles and higher order thinking skills among technical students. Procedia-Social Behav. Sci 204 143–152.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Darmuki, A., & Alfin Hidayati, N. (2023). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 15–22. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.3064

Most read articles by the same author(s)