Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Aritmatika Sosial
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1994Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan siswa sekolah menengah SMP dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aritmatika sosial. Dalam artikel ini, mata pelajaran yang dipertimbangkan di salah satu SMP di Kabupaten Karawang, jumlah siswa yang menjadi subjek berjumlah enam orang pada kelas delapan, yang dikelompokkan ke dalam siswa dengan kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif tentang bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berkorelasi dengan bagaimana siswa mereduksi dan menyajikan data. Dalam artikel ini, data dianalisis menggunakan empat tahap kemampuan pemecahan masalah matematis, yaitu memahami masalah, merumuskan rencana masalah, memecahkan masalah, dan meninjau kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 16,67% siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang tinggi, 50% siswa memiliki kemampuan sedang atau menengah dalam menyelesaikan masalah matematika dan 33,33% memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Karawang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika sedang dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial.
Keywords:
aritmatika sosial, kemampuan, pemecahan masalahDownloads
References
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317
Hakim, D. L. (2017). Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas Vii Smp Di Karawang. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1476
Hakim, D. L., & Daniati, N. (2014). Efektivitas pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMP. Seminar Nasional Riset Inovatif Ii, 259–264.
Haryati, E., & Warmi, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Pembelajaran Daring. Jurnal On Education, 1(1), 1–7. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/50
Hedriana, H., & Soemarmo, U. (2019). Penilaian Pembelajaran Matematika (Nurul Fala). PT. Refika Aditama.
Isnarto, & Lestanti, M. M. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Dalam Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education., 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9343
Kurniasih, R., & Hakim, D. L. (2019). Berpikir kritis siswa dalam materi segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2017, 1135–1145. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2911, diakses Kamis 4 Maret 2021 pukul 16:52:02 WIB
Martin, I., & G, K. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma Pada Materi Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.641-652
Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.
Polya, G. (1957). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. In The Mathematical Gazette. 30. http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref
Putri, A. N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa SMP. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Ramadhani, D. A., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Problem-Solving Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Permasalahan Materi Fungsi Delia. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1113–1122. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1113-1122
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). Alfabeta.
Sulistiyorini, & Setyaningsih, N. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–9.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 5. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/139
Turrosifah, H., & Hakim, D. L. (2019). Komunikasi matematis siswa dalam materi matematika sekolahan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2000, 1183–1192.
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144
Zuliyana. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Raelistic Mathematics Educatin (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Aritmatika Sosial Di MTS Darul Ulum Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9379/1/SKRIPSI LENGKAP.pdf
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work