Pendekatan Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5966Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan contextual teaching and learning. Penelitian ini di latarbelakangi dengan permasalahan yang ditemukan di lokasi penelitian, yaitu kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibuktikan dengan cirinya : siswa tidak bisa menyelasikan soal yang berbeda dari contoh, dan di akhir pembelajaran siswa tidak mampu memberikan kesimpulan terhadap pembelajaran yang telah berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dan dipilih satu kelas sebagai sampel, yaitu kelas VIII.3 sebagai eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design jenis The One – Group Pretest Posttest Design yaitu hanya terdapat kelas eksperimen yang diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes dari data yang diperoleh akan diukur dengan uji statistik berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji – t (paired sampled t-test) dan uji N-Gain. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang dapat dilihat dari rata-rata pretest (sebelum perlakuan) dengan rata-rata posttest (setelah diberi perlakuan). Hal ini ditunjukan berdasarkan uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000 serta sikap positif siswa terhadap penerapan pendekatan contextual teaching and learning.
Keywords:
Contextual Teaching Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep MatematisDownloads
References
Anggara, M., & Samsudin, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Mengetahui Gambaran Pemahaman Konsep Penjumlahan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar: model project based learning, pemahaman konsep penjumlahan, siswa kelas 1 SD. Sebelas April Elementary Education, 2(1), 62-71.
Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. (2019). Efektivitas bahan ajar tematik sekolah dasar berbasis budaya lokal melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap aktivitas belajar siswa. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 342-348.
Kaunang, D. F. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Kristen Tomohon. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 307-314.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2005). Adding It Up. In Social Sciences.
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); 1st ed.). PT Refika Aditama.
Maharani, I., Saragih, R. M. B., & Wahyuni, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Anchored Instruction Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa Kelas XI SMA Al-Maksum Cinta Rakyat. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(1), 18-21.
Neno, W. A., Daniel, F., & Taneo, P. N. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Pembelajaran dengan Pendekatan CTL. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 4(1), 12-16.
Nu’man, M. (2012). Penanaman Karakter Penalaran Matematis dalam Pembelajaran Matematika melalui 1 Pola Pikir Induktif-Deduktif. Jurnal Fourier, 1(2), 53-62.
Ramadhani, D. A., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Problem-Solving Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Permasalahan Materi Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1113-1122.
Romli, M. (2016). Profil koneksi matematis siswa perempuan sma dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. JIPMat, 1(2).
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence siswa pada materi aljabar dengan menggunakan pembelajaran daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275-290.
Sakinah, N., & Ningsih, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas V SDN 16 Pandai Sikek Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15048-15055.
Seri, E. (2019). Penerapan strategi pembelajaran contextual teaching and learning untuk peningkatkan hasil belajar siswa pada materi virus di kelas X Mia1 SMA Negeri 1 bubon aceh barat. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2).
Watini, S. (2019). Pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar sains pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82-90.
Watson, M, J., Shaughnessy, & M, J. (2004). Proportional reasoning: Lessons from research in data and chance. Mathematics Teaching in the Middle School, 10, 104–109.
Yuliani, E. N., Zulfah, Z., & Zulhendri, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuok. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91-100.
Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2012). The effect of using GeoGebra on conceptual and procedural knowledge of high school mathematics students. Asian Social Science, 8(11). https://doi.org/10.5539/ass.v8n11p102
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alifah Nenden Putri Riani, Sutirna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work