Media Video Animasi Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Untuk Melatih Kemampuan Literasi
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3625Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media video animasi berbasis pembelajaran multiliterasi untuk melatih kemampuan literasi anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan desain penelitian Sugiyono. Uji kelayakan produk Media Video Animasi Berbasis Pembelajaran Multiliterasi untuk Melatih Kemampuan Literasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Sasaran uji coba produk pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN Palanyar 2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 37 orang. Hasil penilaian validasi dari ahli media dan ahli materi menunjukkan media yang dihasilkan sangat layak, sedangkan ahli bahasa menyatakan media yang dihasilkan layak. Hasil penilaian para validator ahli pada media video animasi ini menyatakan media termasuk ke dalam kategori sangat layak. Hasil dari respons peserta didik setelah dilakukan uji coba menunjukkan media sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa Media Video Animasi Berbasis Pembelajaran Multiliterasi untuk Melatih Kemampuan Literasi sangat layak dan sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords:
media, video animasi, multiliterasi, literasiDownloads
References
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Afifah, U. N. (2021). Media Pembelajaran Maharah Istima’berbasis Video Animasi Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Semnasbama, 5, 181-188.
Alifa, N. S., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Kinemaster Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Kedaleman IV. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(2).
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesia. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1).
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18.
Asmawan, M. C. (2018). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mendukung gerakan literasi sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 46-57.
Dwi Prasetya, R., Sari, A. P., Wahyu, T., Wahyudi, A., & Krisnasary, A. (2021). Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Menggunakan Media Video Animasi terhadap Pengetahuan Ibu tentang Diet Rendah Gluten pada Anak Autis di Kota Bengkulu Tahun 2021 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Bengkulu).
Gehred, A. P. (2020). Canva. Journal of the Medical Library Association: JMLA, 108(2), 338.
Handayani, S. (2022). Pemanfaatan Video Animasi Youtube Untuk Meningkatkan Pengembangan Maharah Istima’Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 105-116.
Hewi, L., & Saleh, M. (2020). Penguatan Peran Lembaga Paud Untuk The Programme For International Student Assesment (Pisa). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 63-70.
Irfan, A. M., Hidayatullah, H., & Apud, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Multiliterasi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Pergaulan Remaja. QATHRUNÂ, 8(1), 41-60.
Meilani, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi dan Pengetahuan Awal Matematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Muttaqin, M. F., & Rizkiyah, H. (2022). Efektifitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 43-54.
Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037-1048.
Puspita, I. (2017). Efektivitas penggunaan media video animasi dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam kelas viii-1 di smp negeri 9 tangerang selatan (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017).
Putri, M. Z. D., & Dafit, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Tema 9 Subtema 2 Siswa Kelas V Sdit Al Madinah Dumai. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 180-192.
Rahmawati, N., Dorahman, B., Nurul, N., Puspita, D. R., & Latifah, N. (2022). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4581-4586.
Rohmah, N. (2021). Media Pembelajaran Masa Kini: Aplikasi Pembuatan dan Kegunaannya. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 127-132.
Salsabilla, B., Sabila, N. P., & Dafit, F. (2022). Multiliterasi Penerapan Menulis. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 59-65.
Solihat, A., Hendracipta, N., & Yuliana, R. (2020). Pengembangan Media Puppet Book Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 134-144.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Untari, E. (2017). Pentingnya pembelajaran multiliterasi untuk mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar dalam mempersiapkan diri menghadapi kurikulum 2013. Wahana Sekolah Dasar, 25(1), 16-22.
Wardoyo, T. C. T., & Faqih Ma’arif, M. T. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 1 Purworejo. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 3(3), 1.
Widiastika Asti, M., Hendracipta, N., & A Syachruroji, A. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada konsep sistem peredaran darah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47-64.
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2).
Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi pembelajaran literasi sains untuk anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121-130.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Teti Rahmawati, Rina Yuliana, Sigit Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work