Media Video Animasi Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Untuk Melatih Kemampuan Literasi

Authors

  • Teti Rahmawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rina Yuliana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Sigit Setiawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3625

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media video animasi berbasis pembelajaran multiliterasi untuk melatih kemampuan literasi anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan desain penelitian Sugiyono. Uji kelayakan produk Media Video Animasi Berbasis Pembelajaran Multiliterasi untuk Melatih Kemampuan Literasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Sasaran uji coba produk pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN Palanyar 2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 37 orang. Hasil penilaian  validasi dari ahli media dan ahli materi  menunjukkan media yang dihasilkan sangat layak, sedangkan ahli bahasa menyatakan media yang dihasilkan layak. Hasil penilaian para validator ahli pada media video animasi ini menyatakan media termasuk ke dalam kategori sangat layak. Hasil dari respons peserta didik setelah dilakukan uji coba menunjukkan media sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa Media Video Animasi Berbasis Pembelajaran Multiliterasi untuk Melatih Kemampuan Literasi sangat layak dan sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords:

media, video animasi, multiliterasi, literasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Afifah, U. N. (2021). Media Pembelajaran Maharah Istima’berbasis Video Animasi Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Semnasbama, 5, 181-188.

Alifa, N. S., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Kinemaster Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Kedaleman IV. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(2).

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesia. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1).

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18.

Asmawan, M. C. (2018). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mendukung gerakan literasi sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 46-57.

Dwi Prasetya, R., Sari, A. P., Wahyu, T., Wahyudi, A., & Krisnasary, A. (2021). Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Menggunakan Media Video Animasi terhadap Pengetahuan Ibu tentang Diet Rendah Gluten pada Anak Autis di Kota Bengkulu Tahun 2021 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Bengkulu).

Gehred, A. P. (2020). Canva. Journal of the Medical Library Association: JMLA, 108(2), 338.

Handayani, S. (2022). Pemanfaatan Video Animasi Youtube Untuk Meningkatkan Pengembangan Maharah Istima’Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 105-116.

Hewi, L., & Saleh, M. (2020). Penguatan Peran Lembaga Paud Untuk The Programme For International Student Assesment (Pisa). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 63-70.

Irfan, A. M., Hidayatullah, H., & Apud, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Multiliterasi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Pergaulan Remaja. QATHRUNÂ, 8(1), 41-60.

Meilani, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi dan Pengetahuan Awal Matematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Muttaqin, M. F., & Rizkiyah, H. (2022). Efektifitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 43-54.

Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037-1048.

Puspita, I. (2017). Efektivitas penggunaan media video animasi dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam kelas viii-1 di smp negeri 9 tangerang selatan (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017).

Putri, M. Z. D., & Dafit, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Tema 9 Subtema 2 Siswa Kelas V Sdit Al Madinah Dumai. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 180-192.

Rahmawati, N., Dorahman, B., Nurul, N., Puspita, D. R., & Latifah, N. (2022). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4581-4586.

Rohmah, N. (2021). Media Pembelajaran Masa Kini: Aplikasi Pembuatan dan Kegunaannya. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 127-132.

Salsabilla, B., Sabila, N. P., & Dafit, F. (2022). Multiliterasi Penerapan Menulis. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 59-65.

Solihat, A., Hendracipta, N., & Yuliana, R. (2020). Pengembangan Media Puppet Book Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 134-144.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Untari, E. (2017). Pentingnya pembelajaran multiliterasi untuk mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar dalam mempersiapkan diri menghadapi kurikulum 2013. Wahana Sekolah Dasar, 25(1), 16-22.

Wardoyo, T. C. T., & Faqih Ma’arif, M. T. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 1 Purworejo. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 3(3), 1.

Widiastika Asti, M., Hendracipta, N., & A Syachruroji, A. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada konsep sistem peredaran darah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47-64.

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2).

Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi pembelajaran literasi sains untuk anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121-130.

Downloads

Abstract Views : 778
Downloads Count: 637

Published

2022-12-18

How to Cite

Rahmawati, T., Yuliana, R., & Setiawan, S. (2022). Media Video Animasi Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Untuk Melatih Kemampuan Literasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1351–1359. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3625

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.