Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Segiempat Berdasarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3513Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran atau mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal materi segiempat berdasarkan kriteria kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMPN di Kabupaten Karawang pada siswa kelas VII-A dengan subjek 35 siswa. Instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis yang diberikan sebanyak 4 butir soal uraian yang mengukur kemampuan siswa dalam menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, dan inference (memberikan kesimpulan) pada materi segiempat serta instrumen nontes yang digunakan adalah pedoman wawancara yang diberikan kepada siswa dan guru matematika di sekolah penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan tes tulis dan wawancara menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam menyelesaikan soal segiempat adalah: (a). Siswa kesulitan dalam memahami konsep dasar segiempat; (b). Siswa kesulitan dalam memahami tujuan soal; (c). Siswa kesulitan dalam menentukan strategi penyelesaian; (d). Siswa kesulitan dalam memahami makna simbol matematika dan rumus sehingga melakukan kesalahan perhitungan.
Keywords:
Berpikir Kritis, Kesulitan, SegiempatDownloads
References
Azizah, Mira, Sulianto, J., & Nyai Cintang. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasae Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013.
Bariyyah, K., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas IX SMP di Kota Cimahi 1,2. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 403–414. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.403-414
Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 371. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p371-378
Erlita, E., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran …, 5(4), 971–982. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.971-982
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, 5(1), 1–30. https://www.researchgate.net/profile/Peter_Facione/publication/251303244_Critical_Thinking_What_It_Is_and_Why_It_Counts/links/5849b49608aed5252bcbe531/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts.pdf
Hakim, D. L. (2014). Me - 19 Efforts To Improve Student Learning Ourcomes By Using. May, 18–20.
Hakim, D. L. (2017). Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Di Karawang. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1476
Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 35–45.
I Made, S. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14417
Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36. http://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/232
Kurniawan, H. S. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Pemahaman Konsep pada Kelas VIII. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–15. https://core.ac.uk/download/pdf/160604704.pdf
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2019, 1214–1223. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Parameswari, P., & Kurniyati, T. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 89. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.6606
Rumantinigsih, D. K., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2019). Mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa tunanetra melalui pengembangan media pandikar berkode braille. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2020), 105–114. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/4880/4812
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segi Empat Dan Segitiga Siswa Smp Kelas Viii Di Cianjur. Jurnal Cendekia, 04(01), 321–330.
Turrosifah, H., & Hakim, D. L. (2020). Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Matematika Sekolahan. Sesiomadika 2019, 2(1), 1183–1192. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162
Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p56-66
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Erlita, Dori Lukman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work