Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Segiempat Berdasarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Authors

  • Erlita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3513

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran atau mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal materi segiempat berdasarkan kriteria kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMPN di Kabupaten Karawang pada siswa kelas VII-A dengan subjek 35 siswa. Instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis yang diberikan sebanyak 4 butir soal uraian yang mengukur kemampuan siswa dalam menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, dan inference (memberikan kesimpulan) pada materi segiempat serta instrumen nontes yang digunakan adalah pedoman wawancara yang diberikan kepada siswa dan guru matematika di sekolah penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan tes tulis dan wawancara menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam menyelesaikan soal segiempat adalah: (a). Siswa kesulitan dalam memahami konsep dasar segiempat; (b). Siswa kesulitan dalam memahami tujuan soal; (c). Siswa kesulitan dalam menentukan strategi penyelesaian; (d). Siswa kesulitan dalam memahami makna simbol matematika dan rumus sehingga melakukan kesalahan perhitungan.

Keywords:

Berpikir Kritis, Kesulitan, Segiempat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, Mira, Sulianto, J., & Nyai Cintang. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasae Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013.

Bariyyah, K., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas IX SMP di Kota Cimahi 1,2. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 403–414. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.403-414

Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 371. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p371-378

Erlita, E., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran …, 5(4), 971–982. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.971-982

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, 5(1), 1–30. https://www.researchgate.net/profile/Peter_Facione/publication/251303244_Critical_Thinking_What_It_Is_and_Why_It_Counts/links/5849b49608aed5252bcbe531/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts.pdf

Hakim, D. L. (2014). Me - 19 Efforts To Improve Student Learning Ourcomes By Using. May, 18–20.

Hakim, D. L. (2017). Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Di Karawang. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1476

Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 35–45.

I Made, S. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14417

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36. http://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/232

Kurniawan, H. S. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Pemahaman Konsep pada Kelas VIII. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–15. https://core.ac.uk/download/pdf/160604704.pdf

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2019, 1214–1223. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Parameswari, P., & Kurniyati, T. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 89. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.6606

Rumantinigsih, D. K., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2019). Mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa tunanetra melalui pengembangan media pandikar berkode braille. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2020), 105–114. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/4880/4812

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segi Empat Dan Segitiga Siswa Smp Kelas Viii Di Cianjur. Jurnal Cendekia, 04(01), 321–330.

Turrosifah, H., & Hakim, D. L. (2020). Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Matematika Sekolahan. Sesiomadika 2019, 2(1), 1183–1192. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p56-66

Downloads

Abstract Views : 581
Downloads Count: 548

Published

2022-12-18

How to Cite

Erlita, E., & Hakim, D. L. (2022). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Segiempat Berdasarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1342–1350. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3513

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.