Kemampuan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Perspektif Gender
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3800Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memahami konsep dan minat belajar matematika dari perspektif gender, yaitu siswa laki-laki dan perempuan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Mathla'ul Anwar Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, analisis data, dan tahap akhir persiapan. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan indikator yang digunakan, kemampuan memahami konsep dan minat belajar matematika yang dimiliki oleh siswa perempuan memperoleh hasil yang lebih baik daripada siswa laki-laki. Hal ini menunjukkan bahwa siswa perempuan memiliki kemampuan pemahaman konsep yang lebih unggul dan minat belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki.
Keywords:
Pemahaman Konsep, Minat Belajar, Matematika, GenderDownloads
References
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Fadillah, A. (20160. Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.
Febriantika, A. A. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kompetensi keahlian. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 5(2), 1-8.
Heruman. (2017). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ilyas, M., & Basir, F. (2016). Analysis Of Student’s Conceptual Undestanding of Mathematicss on Set at Class VII SMP Frater Palopo. In Proseedings of ICMSTEA 2016: International Conference on Mathematics, Science, Technology, Education, and their Applications, Makassar, Indonesia, 3rd – 4rd October 2016 (pp. 96-102).
Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777-785.
Mz, Z. A. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15-31.
Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. (2017). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi luas permukaan balok di kelas VIII–F semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 2(1).
Paramita, D. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau Dari Gender.
Saputra, M. E. A., & Mujib. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika Terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika. 1(2), 173-179.
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71-80.
Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2286-2297.
Soedaji. (2020). Kiat-Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sroyer, A. (2013). Pentingnya Quantitative Reasoning (Qr) Dalam Problem Solving. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret, 2.
Yanda, K. O., Jumroh, J., & Octaria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 58-67.
Yazidah, N. I. (2017). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Pembuktian Geometri Euclid Ditinjau Dari Gender Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo Malang, 2(1), 71–80.
Yulianah, L., Ni'mah, K., & Rahayu, D. V. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa berbantuan media schoology. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 39-45.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dhita Nurfadila, Yani Setiani, Cecep Anwar Hadi FS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work