Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Google Form
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1596Abstract
Dalam Matematika memecahkan suatu masakah sangatlah penting, karena memecahkan permasalahan Matematika harus memiliki keahlian berfikir yang dengan level tinggi yang gunanya untuk meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Padahal, pemecahan masalah merupakan suatu tujuan agar siswa lebih mudah mengaplikasikan dengan kaitan ilmu lain untuk mengembangkan di dunia modern. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan dalam memecahkan masalah Matematika siswa pada bahan sistem persamaan linear dua variabel dengan parameter keahlian pemecahan masalah Matematika adalah merupakan tujuan penelitian ini dengan mrnggunakan deskritif kualitatif . Penelitian ini dilakukan kepada 36 peserta didik, cara pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, subjek yang diambil sebanyak 9 peserta didik, yaitu 3 peserta didik yang berkemampuan tinggi, 3 peserta didik yang berkemampuan sedang, dan 3 peserta didik yang berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes yang sudah divalidasi secara empiris dan hasil wawancara kepada subjek. Instrumen yang digunakan berupa 3 butir soal kemampuan pemecahan masalah Matematika peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel disertai wawancara kepada peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Kemampuan pemecahan masalah Matematika peserta didik kelas X SMK Darur Roja Tahun Ajaran 2020/2021 tergolong dalam kategori sedang pada indikator merencanakan pemecahan masalah Matematika dan membuat penyelesaian suatu masalah. Sedangkan dalam indikator memahami masalah dan memeriksa kembali kebenaran hasil tergolong dalam kategori rendah
Keywords:
kemampuan pemecahan masalah matematika, sistem persamaan linear dua variabelDownloads
References
Bernard, Martin, Nuni Nurmala, Shinta Mariam, and Nadila Rustyani. 2018. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 2(2):77–83.
Chotimah, Siti, Indah Puspita Sari, and Luvy Sylviana Zanthy. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Kubus Dan Balok.” Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi 6(2):86–89.
Febriani, Peni, Wahyu Widada, and Dewi Herawaty. 2019. “Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 4(2):120–35.
Kamarullah, Kamarullah. 2017. “Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita.” Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 1(1):21–32.
Sukmawati, Ati and Muliana Sari. 2015. “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pemecahan Masalah MAtematika Di Kelas VIII SMP.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 3(1).
Sumartini, T. S. 2016. “Increasing Students’ Mathematical Problem-Solving Abilities through Problem-Based Learning.” Mosharafa: Journal of Mathematics Education 5(2):148–58.
Yuliana, Yuliana. 2020. “Corona Virus Diseases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur.” Wellness And Healthy Magazine 2(1):187–92.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work