Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Siswa di masa Pandemi COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1584Abstract
Di masa pandemi seperti ini peranan Bimbingan dan Konseling sangat di butuhkan, terutama dalam institusi pendidikan. Jadi konseling khususnya Guru Bimbingan dan Konseling sangat dibutuhkan peran aktifnya dalam membimbing suiswa selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilakukan. Penelitian ini bertujuan agar guru Bimbingan dan Konseling dapat berperan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sebagai sarana bantuan dan bimbingan kepada siswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November 2020 sampai dengan Juni 2021, dan bertempat di SMKN 1 Gunung Putri yang beralamatkan Jl. Barokah No. 06 Desa Wanaherang Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah Selama massa pandemi Covid-19 belajar pembelajaran beralih kepada sistem online/Daring atau lebih akrab disebut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama menghadapi pembelajaran guru BK di SMKN 1 Gunung Putri memegang peran penting dalam penyelenggaraannya, baik dalam menyelenggaran jam BK setiap harinya maupun penyelenggaran layanan BK dalam rangka membantu siswa dalam menghadapi masalah terutama yang menyangkut dengan pembelajaran jarak jauh. Jadi guru Bimbingan dan Konseling juga memberikan pendampingan kepada rekan sesama guru yang kesulitan menggunakan peralatan teknologi; Peran guru Bimbingan dan Konseling dalam membuat program BK yang menunjang pelaksanaan PJJ, Selama pembelajaran jarak jauh BK SMKN 1 Gunung Putri tetap menyelenggarakan penilaian kebutuhan kepada siswa setiap awal semester hanya saja sebelum PJJ menggunakan angket fisik, dan setelah penerapan PJJ memanfaatkan aplikasi Google Form.
Keywords:
bimbingan dan konseling, pembelajaran jarak jauh, covid-19Downloads
References
Ambarsari, EW., Awaludin, AAR., Suryana, A., Hartuti, PM., Rahim, R.(2019). Basic concept Pythagoras tree for construct data visualization on decision tree learning. Journal of Applied Engineering Science, 17 (4).
Fenti, Hikmawati. (2012). “Bimbingan Dan Konseling.” Jakarta: Rajawali: Pers.
El Fiah, Rifda. (2014). “Peran Konselor Dalam Pendidikan Karakter.” KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal) 1(1):35–46.
Hatmo, Sri Herwanto Dwi. (2021). “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 11(2):115–22.
Moleong, Lexy J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nilamsari, Natalina. (2014). “Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif.” WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 13(2):177–81.
Noya, Meidy D. Ar and Jenny M. Salamor. (2020). “Peran Konselor Sekolah Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pelayanan Bimbingan Konseling Di Sekolah.” Psikologi Konseling 16(1).
Prayitno, P. (2012). “Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling.” Padang: Universitas Negeri Padang.
Sugiyono, M. P. P. and P. Kuantitatif. (2009). “Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.” Cet. Vii.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2019). “Landasan Psikologi Proses Pendidikan”. Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI
Ulfiah, Ulfiah. (2009). “Hakikat Perkembangan Dalam Konseling.” Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi 1(1):87–96.
Walgito, Bimo. (2010). “Bimbingan Dan Konseling (Studi Dan Karir).” Yogyakarta: CV Andi Offset.
Wangid, Muhammad Nur. (2010). “Peran Konselor Sekolah Dalam Pendidikan Karakter.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 1(3)
.
Wardati & Jauhar, M. (2011). “Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.” Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work