Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Siswa di masa Pandemi COVID 19

Authors

  • Ahiruddin Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Harun Rasjid Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Rizky Firdaus Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1584

Abstract

Di masa pandemi seperti ini peranan Bimbingan dan Konseling sangat di butuhkan, terutama dalam institusi pendidikan. Jadi konseling khususnya Guru Bimbingan dan Konseling sangat dibutuhkan peran aktifnya dalam membimbing suiswa selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilakukan. Penelitian ini bertujuan agar guru Bimbingan dan Konseling dapat berperan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sebagai sarana bantuan dan bimbingan kepada siswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November 2020 sampai dengan Juni 2021, dan bertempat di SMKN 1 Gunung Putri yang beralamatkan Jl. Barokah No. 06 Desa Wanaherang Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah Selama massa pandemi Covid-19 belajar pembelajaran beralih kepada sistem online/Daring atau lebih akrab disebut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama menghadapi pembelajaran guru BK di SMKN 1 Gunung Putri memegang peran penting dalam penyelenggaraannya, baik dalam menyelenggaran jam BK setiap harinya maupun penyelenggaran layanan BK dalam rangka membantu siswa dalam menghadapi masalah terutama yang menyangkut dengan pembelajaran jarak jauh. Jadi guru Bimbingan dan Konseling juga memberikan pendampingan kepada rekan sesama guru yang kesulitan menggunakan peralatan teknologi; Peran guru Bimbingan dan Konseling dalam membuat program BK yang menunjang pelaksanaan PJJ, Selama pembelajaran jarak jauh BK SMKN 1 Gunung Putri tetap menyelenggarakan penilaian kebutuhan kepada siswa setiap awal semester hanya saja sebelum PJJ menggunakan angket fisik, dan setelah penerapan PJJ memanfaatkan aplikasi Google Form.

Keywords:

bimbingan dan konseling, pembelajaran jarak jauh, covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, H. Muhammad. (2015). “The Influence of Competence, Motivation, and Organisational Culture to High School Teacher Job Satisfaction and Performance.” International Education Studies 8(1):38–45.

Ambarsari, EW., Awaludin, AAR., Suryana, A., Hartuti, PM., Rahim, R.(2019). Basic concept Pythagoras tree for construct data visualization on decision tree learning. Journal of Applied Engineering Science, 17 (4).

Fenti, Hikmawati. (2012). “Bimbingan Dan Konseling.” Jakarta: Rajawali: Pers.

El Fiah, Rifda. (2014). “Peran Konselor Dalam Pendidikan Karakter.” KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal) 1(1):35–46.

Hatmo, Sri Herwanto Dwi. (2021). “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 11(2):115–22.

Moleong, Lexy J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nilamsari, Natalina. (2014). “Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif.” WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 13(2):177–81.

Noya, Meidy D. Ar and Jenny M. Salamor. (2020). “Peran Konselor Sekolah Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pelayanan Bimbingan Konseling Di Sekolah.” Psikologi Konseling 16(1).

Prayitno, P. (2012). “Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling.” Padang: Universitas Negeri Padang.

Sugiyono, M. P. P. and P. Kuantitatif. (2009). “Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.” Cet. Vii.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2019). “Landasan Psikologi Proses Pendidikan”. Badan Litbangkes - Kementerian Kesehatan RI

Ulfiah, Ulfiah. (2009). “Hakikat Perkembangan Dalam Konseling.” Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi 1(1):87–96.

Walgito, Bimo. (2010). “Bimbingan Dan Konseling (Studi Dan Karir).” Yogyakarta: CV Andi Offset.

Wangid, Muhammad Nur. (2010). “Peran Konselor Sekolah Dalam Pendidikan Karakter.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 1(3)
.
Wardati & Jauhar, M. (2011). “Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.” Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Downloads

Abstract Views : 917
Downloads Count: 607

Published

2021-11-17

How to Cite

Ahiruddin, Rasjid, H. ., & Firdaus, R. . (2021). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Siswa di masa Pandemi COVID 19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1773–1782. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1584

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.