Metode Kooperatif CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kembali Teks Nonfiksi pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1333Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kembali teks nonfiksi pada siswa kelas VI SDN Kutorejo Mojokerto dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Kutorejo Mojokerto berjumlah 26 orang yang mengikuti pembelajaran menulis kembali teks nonfiksi Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data juga menggunakan analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Kooperatif CIRC terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis kembali teks nonfiksi pada siswa kelas VI SDN Kutorejo Mojokerto Tahun Pelajaran 2020/2021. Terbukti dengan nilai rata-rata pada siklus I dan siklus II selalu meningkat. Siklus I hanya 11 (42,31%) dari 26 siswa yang lulus minimal 70. Nilai tertinggi 88, nilai terendah 40, dan rata-rata kelas 70 pada siklus I. Pada siklus kedua, nilai meningkat. Sebanyak 21 siswa (80,77%) dapat lulus tes dan mendapatkan nilai 70. Nilai tertinggi 90, nilai terendah 60, dan rata-rata kelas 73,21 pada siklus II. Simpulan bahwa penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan menulis kembali cerita nonfiksi pada siswa kelas VI SDN Kutorejo Mojokerto Tahun Pelajaran 2020/2021
Keywords:
Metode, Kooperatif CIRC, Menulis, Teks NonfiksiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work