Model Internalisasi Rasa Syukur Melalui Value Clarification Technique Dalam Pembelajaran Kimia Untuk Memperkuat Karakter Religius
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12882Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apa saja kendala yang ada, (2) bagaimana mengevaluasi internalisasi nilai rasa syukur melalui VCT dalam pembelajaran kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi terkait internalisasi nilai rasa syukur dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, angket, observasi dan wawancara. Kombinasi PBL dan VCT membutuhkan waktu lebih lama karena guru perlu memastikan bahwa aspek kognitif dan afektif mencapai tujuan secara bersamaan. Kombinasi ini memiliki keuntungan karena siswa dapat menemukan nilai dan mendapatkan sudut pandang baru mengenai materi kimia yang dapat menjadi cara dalam menanamkan nilai rasa syukur. Sedangkan tantangannya adalah memberikan porsi yang tepat dalam menyampaikan aspek kognitif dan afektif sehingga waktu pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai dengan durasi jam pelajaran.
Keywords:
Internalisasi, rasa syukur, Value Clarification Technique, pembelajaran kimiaDownloads
References
Ahmadi, Syukur, Shodiq, & Rohman. (2022). Construction of an Islamic Studies Curriculum Based o Religious Moderation in Higher Education Institution. EDUKASIA: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM, 339-352.
Creswell, J. W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (Third Edition ed.). Los Angeles: SAGE Publications, Inc.
Darmana, A. (2012). Internalisasi Nilai Tauhid dalam Pembeajaran Sains. Jurnal Pendidikan Islam UIN SGD.
Fakhrurrozi, Kosasih dan Fahrudin. (2018). Internalisasi Nilai Tawakal pada Santri di Pondok Pesantren Badrul Ulum Al-Islami. At-Tarbawi, 165-175.
Hardianti, Erika dan Nauli. (2011). Hubungan Antara Rasa Syukur terhadap Kesehatan Mental Remaja di SMA Negeri 8 Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 215-227.
Johnstone. (1991). Why Science is difficult to learn? Journal of Computer Assited Learning, 75-83.
Krause, N. E. (2012). Feeling Graitude to God: A Qualitative Inquiry. Journal of Positive Psychology, 119-130.
Luthfiyah. (2019). Mengurai Kebekuan Hubungan Agama dan Sains melalui Pemahaman Scientific Method Perspektif Ian G. Barbour. MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman, 77-99.
McCullough, Emmons, Kilpatrick & Larson. (2001). Is Gratitude a Moral Effect? Psychological Bulletin, 249-466.
Mewar, M. R. (2021). Krisis Moralitas pada Remaja di Tengah Pandemi Covid-19. Perspektif.
Pudin, Kosasih dan Ganeswara. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin di PAUD BIma Sakti Sumedang. SOSIO RELIGI: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 1-7.
Raths, Harmin & Simon . (1966). Values and Teaching; Working with Values with Values in The Classroom. Ohio: Charles E. Merril Books, Inc.
Rochmawati, N. A. (2018). Gratitude: Empirical Findings and Theoritical Perspective. Jounal of Islamic Studies and Humanities, 127-152.
Safrijal, Halim, A. & Mustanir. (2015). Model Pembelajaran Inkuiri Terinternalisasi Ayat-Ayat Al-quran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga dan Karakter Islami Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 195-206.
Scott. (2014). A Simulated Peer-Assesment Approach to Improving Students Performance in Chemical Calculation. Chemistry Education Research and Practice, 568-575.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugoto, M. C., Dektisa, A. & Cahyadi, J. (2009). Kajian Iklan Layanan Masyarakat tentang Pentingnya Mengucapkan Terima Kasih bagi Para Remaja di Surabaya. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 106-115.
Synder, C. R. dan Lopez, S. (2002). Handbook of Positive Psychology. New York: Oxford University Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Risky Ananda, Cik Suabuana, Edi Suresman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work