Efektivitas Kuis Interaktif Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar

Authors

  • Marwah Mariam Mohammad Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  • Prima Mutia Sari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan aplikasi Kahoot dalam pembelajaran IPA kelas 5 SDN Ciracas 15 Pagi dan SDN Susukan 08 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa SDN Ciracas 15 Pagi dan SDN Susukan 08 Pagi dan sampelnya adalah siswa kelas V SDN Ciracas 15 Pagi berjumlah 63 siswa dan SDN Susukan 08 Pagi berjumlah 64 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampel. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment dari 30 pernyataan didapatkan 25 pernyataan valid serta 5 pernyataan tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha cornbarch. Mencari nilai prosentase efektivitas kuis interaktif aplikasi Kahoot, digunakan rumus index %. Hasil penelitian perhitungan angket sebanyak 127 siswa mendapatkan skor tertinggi 124 dan skor terendah 100. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kuis interaktif aplikasi Kahoot efektif dan mendapat respon yang sangat baik dari siswa pada proses pembelajaran IPA.

Keywords:

efektivitas kahoot, pembelajaran IPA

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1398
Downloads Count: 2008

Published

2021-08-29

How to Cite

Mohammad, M. M. ., & Sari, P. M. . (2021). Efektivitas Kuis Interaktif Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1194–1198. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1324

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.